Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bantal Ortopedi

Tidur merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan tidur dapat mengistirahatkan segala bentuk pikiran dan tubuh setelah melakukan aktifitas selama sehari penuh. Seseorang yang memiliki waktu tidur dengan cukup yakni antara 6-8 jam cenderung dapat melakukan segala aktifitas dengan sangat baik pada esok harinya. Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu tidur yang cukup dan produktif. Hal ini biasanya terjadi karena banyaknya kegiatan yang akhirnya menggangu jam tidur, atau bisa juga karena adanya suatu kelainan seperti insomnia.

Tidur merupakan salah satu aktifitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan tidur dapat mengistirahatkan segala bentuk pikiran dan tubuh setelah melakukan aktifitas selama sehari penuh. Seseorang yang memiliki waktu tidur dengan cukup yakni antara 6-8 jam cenderung dapat melakukan segala aktifitas dengan sangat baik pada esok harinya. Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu tidur yang cukup dan produktif. Hal ini biasanya terjadi karena banyaknya kegiatan yang akhirnya menggangu jam tidur, atau bisa juga karena adanya suatu kelainan seperti insomnia.  Untuk memiliki waktu tidur yang cukup sebenarnya tergantung bagaimana anda membatasi kegiatan yang telah anda lakukan setiap harinya. Jika anda bisa membatasi jam kerja, dan memberikan jam istirahat secara rutin maka aktifitas tidur tidak akan terganggu. Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidur anda tidak terganggu adalah, mematikan lampu, mematikan alat elektronik, tidur di kasur, dan yang tidak terlupa adalah menggunakan bantal yang nyaman.

Untuk memiliki waktu tidur yang cukup sebenarnya tergantung bagaimana anda membatasi kegiatan yang telah anda lakukan setiap harinya. Jika anda bisa membatasi jam kerja, dan memberikan jam istirahat secara rutin maka aktifitas tidur tidak akan terganggu. Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidur anda tidak terganggu adalah, mematikan lampu, mematikan alat elektronik, tidur di kasur, dan yang tidak terlupa adalah menggunakan bantal yang nyaman.

Meskipun terkesan sepele, namun ternyata penggunaan bantal yang baik seperti bantal ortopedi memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Meskipun begitu tidak semua jenis bantal kesehatan ini cocok untuk digunakan, sehingga pilihlah bantal yang memang sesuai dan nyaman untuk digunakan. Berikut beberapa tips bagaimana cara memilih bantal ortopedi yang nyaman.

1. Pilih Bantal Yang Sesuai Dengan Posisi Tidur Favorit Anda

Seperti yang kita tahu jika bantal ortopedi memiliki banyak sekali model. Setiap model dari bantal kesehatan ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang saat tidur. Misalkan saja ada yang suka posisi tidur miring ke kiri, miring kek anan, atau terlentang. Untuk itu pastikan bantal yang anda pilih telah sesuai dengan kebiasaan tidur anda, jika tidak hal ini pasti akan memberikan banyak ketidaknyamanan.

2. Pertimbangkan Penyakit Fisik Yang Mungkin Anda Alami

Bantal ortopedi memang dirancang untuk membantu anda mempertahankan postur tubuh dan tidur yang tepat, akan tetapi jika anda memiliki beberapa masalah, misalnya masalah leher akan lebih baik jika menggunakan bantal yang lebih spesifik lagi. Gunakan bantal yang memang tidak menimbulkan gangguan lain.

3. Tentukan Bagian Mana Dari Kebutuhan Tubuh Yang Paling Mendukung

Secara umum banyak orang menganggap jika bantal ortopedi hanya dapat digunakan untuk memberikan kenyamanan pada bagian leher ketika tidur saja. Padahal sebenarnya tidak. Ada banyak jenis bantal yang bisa digunakan untuk memberikan kenyamanan pada bagian tubuh lain. Misalnya saja seperti bantal untuk bagian tubuh belakang, bantal untuk lutut, bantal untuk kaki, dan bahkan lengan. Maka dari itu jika anda memerlukan gangguan tidur pada beberapa organ lain, anda bisa memilih bantal kesehatan ini tentunya yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

4. Pilihlah Bantal Yang Terbuat Dari Bahan Yang Nyaman

Meskipun bantal kesehatan ini dipercaya memberikan kenyamanan saat tidur, namun jangan lupa pula untuk memperhatikan bahan yang dibuat. Pilihlan bantal ortopedi yang terbuat dari bahan lembut, nyaman, dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Beberapa contoh bahan yang sering digunakan dalam pembuatan bantal ini antara lain busa memori, microfiber, udara, dan air.

5. Jangan Lupa Untuk Mengetahui Tingkat Kenyamanan Bantal

Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda dalam penggunaan bantal ortopedi. Maka dari itu sangat penting mengetahui tingkat kenyaman sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli bantal kesehatan ini. Cobalah beberapa bantal, dan bandingkan mana yang paling nyaman dan sesuai dengan anda.

6. Pilihlah Bantal Yang Mudah Dibersihkan

Bantal ortopedi tentunya akan anda gunakan setiap hari demi menjaga kualitas tidur yang baik. Maka dari itu tidak lupa untuk memilih bantal ortopedi yang mudah untuk dibersihkan. Selain nyaman digunakan, jika bantal yang digunakan selalu terjaga kebersihannya pasti akan memberikan kepuasan tersendiri.

7. Pilihlah Bantal Sesuai Kebutuhan Dan Kemampuan

Harga bantal ortopedi yang tidak murah pastinya tetapi tetap terjangkau. Maka dari itu pertimbangkan segala sesuatu terlebih dahulu sebelum membelinya. Sesuaikan kebutuhan dan kemampuan anda sebelum membeli bantal ortopedi. Jangan sampai karena keinginan saja, akhirnya anda menghabiskan semua uang hanya untuk membeli bantal ortopedi.

Itu tadi beberapa tips mengenai bagaimana memilih bantal ortopedi yang tepat.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Bantal Ortopedi"