Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Go Blog, Apa Manfaatnya...?

 

Guru Go Blog, Apa Manfaatnya

Menjadi guru yang kreatif pada zaman now adalah sebuah keharusan yang perlu dilakukan. Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan semestinya bersikap dinamis terhadap perkembangan zaman yang setiap saat terus berubah. Perkembangan zaman yang semakin cepat menuntut setiap orang yang berprofesi sebagai guru bisa mengimbangi kondisi yang terus berubah dengan mensikapinya secara positif.

Zaman now adalah masa dimana setiap sendi-sendi kehidupan sudah tidak bisa lagi di pisahkan dengan yang namanya Informasi Teknologi dan Komunikasi atau IT atau lebih sering kita dengar dengan istilah ICT (Information Communication and Information). Perkembangan teknologi yang begitu cepat tidak bisa dibendung begitu saja karena sudah merambah kedalam berbagai hal yang setiap hari dilakukan oleh manusia.

Perkembangan teknologi tidak bisa dibantah oleh siapa pun karena bergerak begitu cepat dan global. Ketika ada orang yang berusaha untuk membantah maka dia akan banyak sekali mengalami kerugian karena akan ketinggalan informasi yang saat ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari. Sebaliknya jika ada orang yang berusaha untuk aktif mengikuti perkembangan teknologi maka ia akan banyak sekali mendapatkan keuntungan dari informasi yang dia dapatkan.

Di zaman informasi yang begitu cepat saat ini, persaingan disegala bidang antar individu dan kelompok terjadi semakin sangat ketat. Individu atau kelompok yang memiliki informasi maka dia akan mendapatkan keuntungan dan bisa mengendalikan individu atau kelompok yang tidak memiliki informasi. Informasi yang didapatkan melalui perkembangan teknologi ini menuntut setiap orang untuk bisa  menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi.

Guru sebagai individu dituntut untuk menguasai teknologi supaya tidak ketinggalan informasi. Sebagai seorang professional guru semestinya bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, sehingga dalam melaksanakan tugasnya tidak monoton yang akhirnya akan tergerus oleh kekuatan zaman yang menuntut guru untuk lebih kreatif dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Tuntutan yang sangat banyak terhadap profesi guru terutama setelah pemerintah menetapkan bahwa guru adalah profesi yang professional dan mendapatkan tunjangan yang lebih, maka seorang guru harus bisa memenuhi tuntutan-tuntutan itu dengan meningkatkan kompetensi dirinya. Zaman sekarang tidak ada lagi istilah guru GAPTEK (Gagap Teknologi), bahkan pemerintah pernah mengancam akan memecat guru yang GAPTEK atau Tidak Bisa Computer (TBC).

Pemerintah menuntut guru untuk bisa menguasai teknologi sebagai media penyampai informasi yang cepat, murah dan praktis dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Guru diwajibkan memiliki account e-mail sebagai media penyampaian informasi oleh pemerintah dalam menyampaikan kebijakan tentang pendidikan. Selain itu account e-mail guru bisa dimanfaatkan oleh guru untuk bisa menguasai teknologi yang lain yang berkembang di internet.

Salah satu aplikasi di internet yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan kompetensi dirinya adalah weblog atau popular dengan istilah blog. Pengguna internet saat ini mungkin sebagian besar mengenal istilah blog, istilah weblog atau blog sebenarnya mulai dikenal sejak tahun 1997, namun mulai sangat populer pada tahun 2000.

Guru yang sudah go blog atau terbiasa memanfaatkan blog pasti akan banyak sekali mendapatkan keuntungan, selain membuat accountnya gratis, blog juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan hasil kreatifitas guru seperti publikasi karya ilmiah, karya inovatif guru, atau sharing dengan guru lain untuk meningkatkan kualitas diri agar bisa melaksanakan tugas sehari-hari lebih baik. Selain itu blog juga bermanfaat bagi guru sebagai media aktualisasi diri sebagai individu dan juga warga masyarakat yang harus memberikan kontribusi tidak hanya kepada peserta didik, tetapi juga bagi orang banyak.

Dalam sebuah blog guru dapat menuangkan pikiran dan ide-ide cemerlangnya dengan bebas, sehingga hasil pemikirannya itu bisa dibaca dan dimanfaatkan oleh orang lain baik oleh sesama guru atau masyarakat umum. Kemudian orang yang membaca idenya itu mungkin akan memberikan komentar baik berupa saran, kritik atau apapun sehingga hasil pemikirannya semakin berkembang dan menarik semangat guru untuk lebih banyak berkarya, sehingga semakin banyak karya yang dihasilkan oleh seorang guru semakin terasah pula kompetensi guru tersebut. Dengan meningkatnya kompetensi para guru, maka profesionalitas mereka akan semakin baik dan diakui oleh banyak kalangan dan ini akan mengangkat citra guru tersebut semakin baik di hadapan masyarakat luas.

Selain itu blog juga bisa jadi menghantarkan guru untuk mendapatkan penghasilan lebih dari segi materi. Sebab semakin banyak orang yang tertarik untuk membuka halaman weblognya, maka tidak menutup kemungkinan ada juga orang yang mau memakai jasa guru tersebut, apakah diundang menjadi pembicara professional, bahkan mungkin ada orang atau perusahaan yang mau memasang iklan di blognya yang pasti akan memberikan profit kepada pengelola blog tersebut.

Sudah saatnya para guru zaman now untuk melek teknologi, beratnya tuntutan zaman saat ini mengaharuskan guru untuk lebih kreatif memanfaatkan segala media yang ada untuk menunjang tugasnya sehari-hari, sebab kalau guru tidak mau mengikuti perkembangan zaman saat ini, apa lagi tidak mau mengikuti kemajuan IT/ICT, maka guru tersebut akan ketinggalan informasi yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri bagi seorang guru yang dituntut untuk professional dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Mudah-mudahan saat ini tidak ada lagi guru yang GAPTEK dan memiliki penyakit TBC dengan memulai untuk menjadi guru yang go blog.

Manfaat Guru Go Blog

Manfaat Guru Go Blog

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari blog. Berikut ini beberapa hal tentang manfaat blog, setidaknya manfaat ini yang dirasakan oleh penulis, Berikut ini 10 Manfaat Blog bagi Guru :

1.     Tempat Penyimpanan Data Online

Dengan memiliki sebuah blog maka dengan otomatis seorang guru memiliki tempat menyimpan semua media pembelajarannya. Arsip kegiatan, nilai, foto dokumentasi dan bahkan menyimpan forto folio profesional seorang guru.

2.     Menjadi Media Pembelajaran Online

Karena blog merupakan media online yang dapat diakses oleh siapa saja maka bagi seorang guru blog bisa dijadikan media pembelajaran online dengan cara menuliskan artikel pembelajarannya, soal online, media peraga, video tutorial dan lain-lain yang dapat diakses oleh siswanya. Sehingga pembelajaran dapat menembus ruang dan waktu.

3.     Membuktikan Professional Guru

Dengan memiliki blog, maka seorang guru memiliki nilai lebih dibanding dengan guru lain. Pemanfaatan media blog dapat meningkatkan kualitas diri dan kompetensi seorang guru. Dengan kekuatan memiliki blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan disekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktikkan di kelas mereka. Lebih banyak lagi pemanfaatan blog ini sebagai suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Menguasai IT bagi guru merupakan salah satu tujuan Pendidikan Indonesia agar guru tidak gaptek dengan media informasi online.

4.    Menjadi Seorang Researcher (Peneliti)

Saat memiliki blog, seorang guru mulai memahami cara membuat blog dan menjadi blogger. Mulai menulis artikel-artikel pendidikan sampai tentang apa saja yang ia sukai atau bahkan yang hanya tahu sedikit-sedikit, tentu ia tidak ingin asal menulis karena tujuannya adalah pengunjung atau pembaca blog mendapatkan info yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat sering kita harus melakukan sedikit research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog dengan temen, atau yang paling gampang adalah lewat search engine terutama google. Nah, blogger guru pasti banyak menemukan hal-hal baru karena membaca dan memahami. Semakin mengetahui bagaimana melakukan research / penelitian sederhana bahkan singkat. Merangkumnya dalam sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain. 

5.    Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Hampir mirip dengan point diatas, seorang blogger guru secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Secara alami pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf serta susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kemampuan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan. Bahkan jika artikel atau tulisannya berkualitas pada akhirnya dapat menghasilkan karya berupa buku.

6.     Membantu Orang Lain 

Setiap artikel yang kita share berupa tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung blog akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan tersebut. Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang lain, bukankah sangat berarti hidup kita jika bisa membantu dan bermanfaat bagi sesama? Begitu besarnya manfaat blog bagi kita jika kita benar-benar menyadarinya.

7.     Menjadi Terkenal

Terkenal bukanlah tujuan blogger tetapi seiring banyaknya artikel bermanfaat yang kita tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita, tentunya kita akan semakin dikenal banyak pengguna internet karena artikel-artikel kita yang bermanfaat untuk mereka, dan semakin kita sadari manfaat blog bagi kita.

8.     Menambah Teman dan Relasi

Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khususnya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan ide dan kesukaan yang sama?.

9.     Menjalin Komunikasi Online

Dengan memiliki blog seorang guru bisa menjalin komunikasi sesama guru di Indonesia dan juga sesama pelajar/siswa. Sehingga informasi pendidikan tidak mandek dan dapat diakses dengan online oleh semua kalangan pendidikan. Bahkan dengan memiliki blog bisa mengembangkan jaringan lebih luas antar guru di negara-negara lain.

10.  Menghasilkan Uang

Jangan lupa jika blog bisa menghasilkan uang! Bagaimana caranya? Logikanya, semakin blog kita banyak pengunjung, salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah mengikuti berbagai Kontes SEO atau perlombaan blogging. Selain itu melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click) atau Monetize links.  Memang tidak mudah bagaimana cara membuat blog yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, tapi dengan semangat dan rasa ingin tahu yang besar, kita bisa mempelajari tahap demi tahap apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan banyak pengunjung di blog kita. Salah satunya belajar SEO. 

Okey Sahabat Guru saatnya Go-Blog dengan e-learning dan jangan lupa Online Earning akan menyusul.. 

Untuk cara pembuatan blog, silahkan klik dibawah ini:

(Cara Bagaimana Membuat Blog)

Demikian manfaat dari ngeblog bagi guru. Sudah bukan suatu alasan lagi jika guru enggan beraktivitas mengeblog atau membuat catatan-catan pendidikan di blog atas alasan kurang bermanfaat. Sebab dari pemaparan datas kita bisa tahu manfaat blog bagi guru sangat banyak sekali dan penting sekali. Terlebih guru juga bisa menadapat tambahan penghasilan dari ngeblog, sangat mungkin! Sampai ketemu di artikel lain kami akan mengalas cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi guru dengan ngeblog

1 komentar untuk "Guru Go Blog, Apa Manfaatnya...?"