Materi Dasar Desain Grafis Kelas 10
Dasar desain grafis merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah SMK untuk kompetensi keahlian Multimedia, Rekayasa perangkat lunak dan Teknik komputer dan jaringan. Mata pelajaran hanya ada di kelas 10, namun untuk menekuni lebih dalam kalian bisa masuk ke jurusan multimedia, karena jurusan ini akan naik level dalam mempelajari desain grafis.
Jika kita ingin fokus untuk editing foto atau gambar maupun video, sangat cocok kita ambil jurusan multimedia, karena jurusan ini fokus dalam hal tersebut. Untuk yang ingin fokus lebih dalam lagi khusus ke dalam editing foto saja sampai ke bagian print outnya sangat cocok jika kita mengambil jurusan desain grafika.
Pengertian Desain Grafis
Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang memanfaatkan elemen grafis, seperti gambar, teks, warna, dan sebagainya untuk menyampaikan informasi secara efektif. Contoh penerapan desain grafis selain pada kemasan produk, di antaranya poster, papan iklan, brosur, dan masih banyak lagi.
Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
- Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
- Web Desain: desain untuk halaman web.
- Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
- Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
- Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.
- Wawasan Teknologi
- Wawasan Sains
- Wawasan Seni
- Wawasan Sosial dan Budaya
- Wawasan Filsafat dan Etika
Prinsip Dasar Desain Grafis
Untuk menghasilkan desain yang baik, maka para desainer grafis haruslah memahami prinsip-prinsip desain grafis yang ada. Prinsip-prinsip tersebut bertujuan untuk membantu menghasilkan desain yang baik dan menarik.
Dengan menerapkan prinsip desain, maka desainer akan dengan mudah menggabungkan berbagai elemen atau menyatukan komposisi dalam sebuah tata letak, sehingga pesan dapat tersampaikan.
1. Kesatuan (Unity)
Prinsip pertama adalah kesatuan, yang memiliki arti sebegai salah satu prinsip dasar desain grafis yang sangat penting.
Apabila tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya desain akan terlihat kacau dan tidak sedap dipandangnya. Prinsip dari kesatuan dalam komposisi adalah semua bagian bentuk harus saling memiliki keterkaitan.
Keterkaitan bisa diciptakan dari sebuah bentuk lainnya yang saling menghubungkan seluruh bentuk tersebut atau disebut dengan prinsip hubungan.
Kesatuan membantu membuat elemen-elemen pada sebuah objek saling berdekatan, sehingga mereka akan terlihat bersatu/milik bersama.
2. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan secara visual diartikan sebagai suatu kondisi yang sama, baik itu secara horizontal (kanan-kiri) maupun vertikal (atas-bawah.)
Unsur keseimbangan desain meliputi bentuk, tekstur, nilai, ukuran, dan warna. Keseimbangan dalam sebuah desain, dibuat agar orang yang dapat dengan nyaman melihatnya.
Keseimbangan terbagi menjadi dua macam, yakni keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris.
- Keseimbangan simetris (formal balance) adalah susunan elemen yang meratakan sisi pusat atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Keseimbangan ini sifatnya sederhana dan formal.
- Keseimbangan asimetris (informal balance) adalah pengaturan berbeda dengan berat yang sama dari komposisinya pada setiap sisi halaman. Keseimbangan asimetris biasanya banyak digunakan untuk desain kontemporer atau desain modern.
3. Proporsi (Proportion)
Desain juga harus memenuhi prinsip proporsi yakni perbandingan ukuran yang digunakan untuk membantu membandingkan panjang dan lebar, antara gambar dengan bidang gambarnya.
Untuk membuat desain yang proporsional, kalian bisa menggunakan kotak untuk membuat kerangka dengan margin, kolom, dan jarak sehingga membentuk suatu kekeserasian.
4. Irama (Rhythm)
Selanjutnya ada prinsip irama yang menjadi sebuah pola pengulangan terus menerus secara teratur, yang dibuat dari adanya unsur-unsur yang berbeda.
Irama dapat mengajak mata kita untuk mengikuti pergerakan objek. Dalam desain, prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulanya dari berbagai bentuk-bentuk indir rupa, yang menjadi kunci visual ritme.
5. Kontras
Tak kalah penting, terdapat hal untuk menghindari elemen desain dalam satu halaman yang terlihat sama atau serupa yang disebut dengan kontras.
Kontras diciptakan dari suatu hal yang berbeda, perbedaan tersebut bisa dilihat dari warna perbedaan ukuran sekarang bentuk dan lain sebagainya.
Terkadang, kontras menjadi visualisasi yang paling menarik perhatian orang dalam melihat sebuah halaman tersebut.
6. Harmoni
Selanjutnya ada prinsip harmoni atau keserasian yang memiliki fungsi sebagai faktor yang mengamankan agar suatu desain tidak terkesan terlalu raman.
Jika, kontras memberikan kesan kuat dan aktif sehingga menarik perhatian, harmoni justru akan menunjukan kesan pasif.
7. Penekanan (Emphasis)
Terakhir, desain perlu memiliki prinsip penekanan yang berarti suatu hal yang menjadi fokus atau yang mendapatkan perhatian pertama.
Pada bagian penekanan ini, tata letak merupakan kebutuhan yang penting untuk menarik pandangan orang.
Berikut Materi Pembelajaran Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2
Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis (DDG) merupakan mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok C2 sesuai Kurikulum K13 revisi tahun 2017 yang digunakan. Secara umum mata pelajaran DDG mempelajari tentang prinsip prinsip desain, cara membuat seuatu desain sampai pada tahap pembuatan Desain menggunakan Aplikasi Corel Draw X7.
Kompetensi Yang akan di pelajari Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2
Bab 1 Menempatkan Unsur Tata Letak Garis, Ilustrasi, Tipografi, Warna, Gelap Terang, Tekstur, dan Ruang
A. Unsur-Unsur Tata letak / Pengertian Desain Grafis / Jenis Desain Grafis / Istilah Desain Grafis / Manfaat Menjadi Desainer Grafis
Bab 2 Menempatkan Berbagai Fungsi dan Unsur Warna
A. Unsur Warna
B. Kombinasi Warna
C. Model Warna
D. Gamut Warna
Uji Kompetensi
Bab 3 Menerapkan Hasil Prinsip-Prinsip Tata Letak atau Layout
A. Pengertian dan Unsur Tata Letak (Layout)
B. Prinsip Komposisi dan Tata Letak (Layout)
Uji Kompetensi
Bab 4 Menempatkan Berbagai Format Gambar
A. Konsep Format Gambar
B. Format Gambar Berbasis Bitmap
C. Format Gambar Berbasis Vektor
D. Format File Multimedia
Uji Kompetensi
Bab 5 Melakukan Proses Scanning Gambar/ Ilustrasi/Teks dengan Scanner
A. Pengetahuan tentang Scanner
B. Langkah-Langkah Scanning Dokumen
Uji Kompetensi
Bab 6 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector
A. Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor
B. Jenis-Jenis Perangkat Lunak Berbasis Vektor
C. Pengenalan Tool Perangkat Lunak Berbasis Vektor
D. Pembuatan Logo dan Objek Sederhana dengan Tool-Tool CorelDraw
Uji Kompetensi
Bab 7 Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek
A. Cara Manipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek
B. Menyimpan Hasil Desain
Uji Kompetensi
Bab 8 Membuat Desain Berbasis Gambar Vektor
A. Produk-Produk Desain Grafis
B. Desain Poster
C. Langkah Membuat Desain CD/DVD Label
Uji Kompetensi
Bab 9 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap
A. Konsep Perangkat Lunak Berbasis Bitmap
B. Pengenalan Perangkat Lunak Berbasis Bitmap
C. Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap
D. Menyimpan Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap
Uji Kompetensi
Bab 10 Memanipulasi Gambar Raster/Bitmap dengan Menggunakan Fitur Efek
A. Konsep Fitur Efek pada Gambar Bitmap
B. Pengenalan Tool Pada Adobe Photosop
C. Jenis-Jenis Efek pada Teks
Uji Kompetensi
Bab 11 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster)
A. Konsep Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster)
B. Retouching Gambar Bitmap
C. Membuat Desain Foto Kolase
Uji Kompetensi
Posting Komentar untuk "Materi Dasar Desain Grafis Kelas 10"