Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Kimia yang Berbahaya

Bahan Kimia yang Berbahaya Sadar atau mungkin tidak, nyaris tiap hari kita memakai banyak bahan kimia, seperti produk pencuci kamar mandi, sabun disinfektan, dan detergent. Walaupun berguna, beberapa bahan kimia itu bisa juga berbahaya untuk kesehatan dan memunculkan bermacam penyakit, lho.

Bahan Kimia yang Berbahaya


Walau kerap kali diperlukan di kehidupan setiap hari, simpan dan memakai produk dengan bahan kimia jangan sembarangan. Ini karena beberapa bahan kimia yang sering dipakai di dalam rumah kita berpotensi untuk mengakibatkan keracunan yang bahkan juga dapat berpengaruh fatal.

5 Bahan Kimia yang Bisa Berbahaya

Ini 5 Bahan Kimia Sehari-Hari yang Dapat Beresiko Lalu, bahan kimia setiap hari apa yang dapat memunculkan bahaya? Berikut daftar beberapa bahan kimia itu dan penuturannya:

1. Karbon monoksida

Memanasi mobil, membakar sampah, atau mengolah di dapur sebagai aktivitas yang wajar untuk dilaksanakan setiap hari untuk beberapa orang. Nach, berhati-hati! Asap-asap yang datang karena aktivitas ini memiliki kandungan karbon monoksida, lho. Karbon monoksida atau CO ialah gas beracun yang tidak tidak warna dan bau. Tanpa kita ketahui, gas ini dapat memunculkan keracunan dan masalah kesehatan, seperti sakit di kepala, pusing, sakit di perut, muntah, ngilu dada, dan ketidaktahuan, bila terisap.

Bahkan juga, orang yang kebanyakan mengisap gas CO bisa juga wafat dan tidak sadarkan diri. Disamping itu, bayi, lanjut usia, dan orang dengan penyakit anemia, jantung akut, dan masalah pernafasan beresiko tinggi sekali alami keracunan jika mengisap gas karbon monoksida. Supaya terbebas dari imbas negatif karena mengisap karbon monoksida, kamu disarankan tidak untuk memanasi mobil di garasi yang tertutup dan langsung tersambung dengan rumah, buang sampah secara benar dan tidak membakarnya, memasangkan alat penyedot asap di dapur, dan pastikan perputaran udara di dalam rumah baik.

2. Amonia

Sama dengan karbon monoksida, amonia pun tidak warna, tapi gas ini memunculkan berbau yang paling tajam. Gas ini lebih banyak diketemukan sebagai uap dari produk pencuci rumah tangga, bahan warna cat rumah, atau rambut. Produk pencuci dengan kandungan amonia yang tinggi dapat memunculkan efek, seperti iritasi dan kesan terbakar di kulit atau mata. Bila ketelan atau terisap, amonia bisa juga membuat iritasi mulut, hidung, kerongkongan, lambung, dan paru-paru.

Paparan amonia fokus tinggi bisa memunculkan kerusakan jaringan yang kronis, bahkan juga sampai mengakibatkan kematian. Nach, untuk menahan efek itu, kamu disarankan selalu untuk memakai perlindungan, seperti sarung tangan, kacamata, dan masker, saat akan memakai produk yang memiliki kandungan amonia.

3. Klorin

Awalnya klorin cuma diketemukan pada produk kimia yang dipakai mematikan kuman di kolam atau pada pestisida tanaman. Tetapi, sekarang klorin seringkali dipakai sebagai produk pencuci atau disinfektan, apa lagi semenjak virus Corona menyebar. Mengisap klorin dapat menghancurkan mekanisme pernafasan dan mengakibatkan kamu susah bernapas. Jika terserang kulit, klorin dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi, kemerahan, melepuh, atau terbakar. Sementara jika ketelan, bahan kimia ini dapat memunculkan kesan terbakar di mulut, sakit di perut, muntah, sakit kerongkongan, dan bab berdarah.

Sebagai pengatasan awalnya jika kulitmu kesiram klorin, selekasnya bersihkan tempat yang terserang dengan air dan sabun. Jika klorin masuk ke mata, selekasnya membersihkan mata sama air mengucur minimal sepanjang 15 menit. Tetapi bila klorin ketelan, selekasnya ke IGD untuk memperoleh pengatasan medis.

4. Asam klorida

Walaupun warna bening dan cair, asam klorida (HCl) benar-benar beracun. Bahan kimia tipe ini sanggup mengakibatkan kerusakan yang kronis pada jaringan badan. Asam klorida sering diketemukan pada produk pupuk, pencuci porselen, pencuci kamar mandi, dan bahan kimia untuk kolam. Jika terserang kulit, HCl dapat membuat kulit melepuh, ngilu, dan terbakar. Bila tidak menyengaja ketelan, bahan kimia ini dapat mengakibatkan ngilu seperti terbakar yang kronis, sakit di perut luar biasa, muntah ngilu dada, dan darah.

Sementara bila terisap, asam klorida dapat mengakibatkan kerusakan pada paru-paru yang membuat ambil oksigen terganggu. Ini mengakibatkan kebiruan pada bibir dan kuku, dada berasa sesak, terselak, batuk darah, pusing, dan pingsan. Jika terserang recikan asam klorida pada mata atau kulit, kamu disarankan untuk mencuci sisi yang terserang sama air sepanjang 15 menit. Bila ketelan, kamu benar-benar disarankan untuk selekasnya minum susu atau air. Jangan mencoba untuk memuntahkannya.

Dan jika mengisap bahan kimia beracun ini, selekasnya berpindah ke arah tempat terbuka dan hisap udara segar. Kemudian, selekasnya ke rumah sakit paling dekat untuk lakukan pengecekan.

5. Asam sulfat

Asam sulfat sering diketemukan pada accu mobil, beberapa produk detergent, pupuk, dan pencuci kamar mandi. Jika bersatu sama air, asam sulfat dapat hasilkan panas dan bereaksi. Bahan kimia ini memiliki sifat menghancurkan, seperti asam klorida. Asam sulfat akan memunculkan iritasi yang kronis bila terserang jaringan badan. Bila ketelan, bahan kimia ini dapat membakar mulut dan kerongkongan, menghancurkan lambung, serta memunculkan kematian. Dan jika masuk ke mata, asam sulfat dapat mengakibatkan kebutaan.

Tersebut 5 bahan kimia setiap hari yang dapat mencelakakan keluarga dan diri kamu. Maka dari itu, penting untuk simpan produk yang memiliki kandungan beberapa bahan kimia itu dengan aman, ditambah dari capaian anak-anak. Jika memang perlu, beri pertanda bahaya pada paketannya supaya semua bagian keluarga dapat waspada. Jika beberapa bahan kimia itu tidak menyengaja terisap, ketelan, atau berkenaan kulit, selekasnya kerjakan bantuan pertama dan tanyakan ke dokter untuk memperoleh pengatasan lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Bahan Kimia yang Berbahaya"