Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya
Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya Kata perselisihan datang dari bahasa Latin adalah configere yang maknanya sama-sama memukul. berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perselisihan disimpulkan sebagai konflik, pembicaraan, ketidaksamaan. Pemahaman perselisihan menurut sosiologis sebagai satu proses sosial di antara 2 orang ataupun lebih (maupun kelompok) yang coba singkirkan faksi lain dengan menjatuhkan atau membuat tidak memiliki daya.

Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya

Pemahaman Perselisihan Menurut Beberapa Pakar

  1. Soerjono Soekanto, perselisihan sebagai satu proses sosial pribadi atau kelompok orang coba penuhi maksudnya pada jalan melawan faksi musuh yang dibarengi teror dan atau atau kekerasan.
  2. Ariyono Suyono, perselisihan sebagai proses atau keadaan dua faksi coba gagalkan terwujudnya arah masing-masing yang karena ada konflik opini nilai-nilai atau tekanan dari tiap-tiap faksi.
  3. Siti Etika, perselisihan ialah satu proses yang diadakan bukan hanya untuk sekedar menjaga hidup dan keberadaan, tapi juga mempunyai tujuan sampai ke tingkat pembasmian keberadaan orang atau kelompok yang lain disaksikan sebagai musuh atau tandingan.
  4. Robert m. Z Lawang, perselisihan sebagai perjuangan untuk capai nilai, status, dan kekuasaan di mana arah mereka bukan hanya memperoleh keuntungan, tapi juga untuk tundukkan rivalnya.
  5. Lewis A. Coser, perselisihan sebuah perjuangan mengenai nilai atau tekanan berdasar status, kekuasaan, dan sumber daya yang memiliki sifat sangat jarang dengan makna menetralisir, mencederai, atau menghilangkan tandingan.
  6. Berstein, perselisihan ialah satu ketidaksamaan atau pertentangan yang tidak dapat dihindari. perselisihan ini sanggup memberi imbas positif atau negatif saat lakukan hubungan sama orang lain.
  7. A. J. Dubrin, perselisihan mengarah pada ketidaksamaan antara pribadi atau kelompok yang bisa tingkatkan kegawatan sebagai karena sama-sama merintangi dalam perolehan arah.
  8. P. W. Cummings, perselisihan sebagai satu proses hubungan sosial di mana 2 orang ataupun lebih, dua kelompok ataupun lebih, berbeda atau berlawanan dalam penghasilan atau arah mereka.
  9. Ensiklopedi Nasional Indonesia, dalam Ensiklopedi Nasional Indonesia jilid 9 (2004: 97), merinci jika perselisihan ada karena ada imbas di antara dua elemen dalam warga yang mewajibkan satu diantaranya usai.

Jenis-Jenis Konflik

A. Perselisihan Intrapersonal

Perselisihan intrapersonal sebagai perselisihan seorang dengan dirinya. perselisihan berjalan jika pada saat yang sama seorang memiliki dua tekad yang mustahil disanggupi sekalian.

B. Perselisihan Interpersonal

Perselisihan Interpersonal sebagai konflik antara seorang sama orang lain karena pertentangan kebutuhan atau kemauan. hingga ini kerap berjalan di antara 2 orang yang berbeda status, posisi, sisi kerja dan sebagainya. perselisihan interpersonal ini ialah satu dinamika yang sangat penting dalam sikap organisasi.

C. Perselisihan Antara Perseorangan

Perselisihan antara perseorangan berjalan di antara satu pribadi dengan pribadi lain atau lebih. perselisihan ini umumnya disebabkan karena ada ketidaksamaan karakter dan sikap tiap orang di dalam organisasi.

ini biasanya sudah dirasa oleh tiap anggota organisasi baik cuman dirasa individu atau diperlihatkan dengan sikap.

D. Perselisihan Antara Kelompok

Tingkat yang lain dalam perselisihan dalam organisasi sebagai perselisihan antara kelompok. sudah diketahui jika sebuah organisasi tercipta dari beberapa kelompok kegiatan yang terbagi dalam banyak unit.

Jika antara unit-unit di sebuah kelompok alami konflik dengan unit-unit dari kelompok lain hingga manager ialah faksi yang harus sanggup jadi penyambung di antara ke-2 faksi.

E. Perselisihan Antara Organisasi

Perselisihan dapat berjalan di antara organisasi yang satu sama lainnya. ini tidak selamanya disebabkan karena kompetisi dari beberapa perusahaan di pasar yang serupa. perselisihan ini dapat muncul karena ada ketidak cocokan satu instansi pada kekuatan satu organisasi.

Nah itulah beberapa Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya. Semoga dengan adanya Informasi Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya dapat membantu ibu bapak dan ibu guru. Salam guru hebat

Posting Komentar untuk "Pengertian Konflik Beserta Jenis-Jenisnya"