Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia

Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia

Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia Semester Genap – Karya ilmiah menyuguhkan bukti obyektif, menyuguhkan pengetahuan, menyuguhkan data, memiliki kandungan kebenaran yang obyektif memakai bahasa baku, memakai pola tertentu, dan tidak emotif.

Menganalisa maknanya lakukan aktivitas pencermatan lebih dalam mengenai object yang dilihat, yakni Karya ilmiah. Pembikinan Karya ilmiah memakai klasifikasi penulisan yang telah diputuskan.

Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia

Ciri-Ciri Karya Ilmiah

A. Menyuguhkan Bukti Obyektif

Karya ilmiah harus memiliki sifat obyektif. Ini penting karena Karya ilmiah tidak dibikin berdasar hati penulisnya. Karya ilmiah harus memperlihatkan bukti-bukti dan beberapa data hasil dari analitis.

B. Menyuguhkan Pengetahuan

Karya ilmiah menyuguhkan pengetahuan berbentuk ide, deskripsi mengenai suatu hal atau perpecahan atas satu permasalahan.

C. Menyuguhkan Data

Karya ilmiah menyuguhkan pengetahuan yang didasari pada data (pengkajian empirik) atau pada teori-teori yang sudah dianggap kebenarannya.

D. Memiliki Kandungan Kebenaran Yang Obyektif

Karya ilmiah memiliki kandungan kebenaran yang obyektif (hasil sebetulnya) dan kejujuran dalam penulisan ( hasil Karya sendiri bukan plagiat).

E. Memakai Bahasa Baku

Pemakaian bahasa baku mencakup tiap faktor penulisannya, dimulai dari penulisan sumber, teori, sampai penulisan ringkasan. Selainnya beberapa istilah denotatif ( istilah yang bisa diketemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia), Karya ilmiah diatur memakai bahasa baku yang banyak memakai istilah tehnis.

F. Memakai Pola Tertentu

Karya tulis ilmiah dicatat dengan pola tertentu.

G. Tidak Emotif

Karya ilmiah dicatat dengan tidak mengikutsertakan faktor hati dari penulisnya. Karena, Karya ilmiah harus menjelaskan bukti yang didapat hasil dari analitis riset, tidak dari hati subyektif dari penulisnya ( memunculkan/menghidupkan emosi).

Menganalisa Klasifikasi Karya Ilmiah

Menganalisa memiliki arti lakukan aktivitas pencermatan lebih dalam mengenai object yang dilihat, yakni Karya ilmiah. Salah satunya tipe Karya ilmiah yang hendak dikaji klasifikasinya ialah artikel Karya ilmiah. Pembikinan Karya ilmiah memakai klasifikasi penulisan yang telah diputuskan.Maka, penulisan sebuah Karya ilmiah harus menyaksikan, menimbang, dan merujuk pada klasifikasi.

Bagian-bagian penting dari susunan artikel Karya ilmiah seperti berikut:

a. Judul
b. Pendahuluan
c. Rangka teoritis
d. Metode riset
e. Ulasan
f. Simpulan anjuran
g. Kepustakaan

Contoh Hasil Analitis Klasifikasi Karya Ilmiah

Judul Karya Ilmiah
Implikasi Nilai-nilai Watak dalam Evaluasi Pahami Text Sastra Tradisionil lewat Media Evaluasi Peta Pemikiran Digital
(Penulis: Aji Septiaji-Jurnal Commincare, Vol. 1, No. 1, Oktober 2016)

Klasifikasi
1. Abtrak
2. Pendahuluan
3. Pengkajian Teoretis
4. Simpulan
5. Daftar Pustaka

Analysis

Penulis manfaatkan media evaluasi peta pemikiran digital sebagai jalan keluar inovatif dan membahagiakan untuk pelajar dalam pahami text sastra tradisionil pada isi text. Dalam Karya ilmiah ini, klasifikasinya tidak banyak, digolongkan bukanlah hasil riset tetapi pengkajian teoritis atau cuman mengulas mengenai beberapa persoalan dan jalan keluarnya, tidak ada pengkajian metodologi dan hasil aplikasinya.

Membuat Karya Ilmiah

Untuk menulis Karya ilmiah yang bagus, beberapa langkah yang perlu kita menempuh ialah seperti berikut.

a. Tentukan Topik

Langkah pertama menulis sebuah Karya ilmiah ialah tentukan topik. Langkah pertama itu lebih persisnya dikatakan sebagai penetapan permasalahan jika Karya ilmiah yang hendak dicatat berbentuk laporan hasil riset.

Baik itu berbentuk topik atau rumusan permasalahan, beberapa hal yang perlu jadi perhatian dalam langkah ini ialah topik/permasalahan itu sebaiknya:
1) mengundang perhatian penulis,
2) terkuasai penulis
3) menarik dan aktual, dan
4) ruang cakupnya terbatas.

b. Membuat Rangka Tulisan

Cara ini perlu dikerjakan untuk jadikan tulisan kata tersusun lebih struktural. Cara ini juga menolong dalam pencarian beberapa sumber yang dibutuhkan dalam pengembangannya.

Contoh Rangka Tulisan Karya Ilmiah

Peran Pemuda dalam Pembangunan
1. Pendahuluan
Peran pemuda dalam riwayat perjuangan bangsa:
a. pemuda pada periode prakemerdekaan
b. pemuda di jaman kemerdekaan; dan
c. pemuda di periode pembangunan.

2. Ulasan
a. kekuatan pemuda sebagai modal dasar pembangunan bangsa;
b. beberapa sektor pembangunan yang bisa diisikan oleh pemuda; dan
c. factor pendukung dan masalah:
1) masalah psikis
2) masalah sosial, dan
3) masalah ekonomi
4). Penutup

Rangka itu diperkembangkan dari topik ” Peran Pemuda dalam Pembangunan”. Sesuai susunan umum Karya ilmiah, topik itu juga selanjutnya diperkembangkan ke tiga sisi: pendahuluan, ulasan, dan penutup. Dengan rangka semacam itu, kita dapat memetakkan bahasan-batasan yang dipandang berkaitan dengan topik yang diulas.

Rangka itu juga menolong kita untuk cari beberapa sumber yang dibutuhkan. Berdasar rangka itu, misalkan kita perlu data atau teori mengenai potensi-potensi pemuda dan sector-sektor pembangunan. Disamping itu, kita juga perlu beberapa sumber terkait dengan factor pendukung dan masalah-kendala dalam implikasi peran pemuda dalam pembangunan.

c. Kumpulkan Bahan

Cara ini penting dalam membuat sebuah Karya ilmiah. Berlainan dengan menulis fiksi yang bisa jadi berdasar khayalan, Karya ilmiah tidak begitu. Supaya tulisan ini tidak kering, kita membutuhkan beberapa teori dan data yang memberikan dukungan pada topik itu.

Beberapa bahan yang diartikan bisa mengambil sumber dari buku, jurnal ilmiah, media massa, internet, dan beberapa sumber yang lain. Adapun data tersebut bisa didapat lewat aktivitas pengamatan, interviu, angket, dan beberapa tehnik penghimpunan data yang lain.

d. Peningkatan Rangka Jadi Text yang Utuh dan Komplet

Rangka yang sudah dibikin, kita bangun berdasar teori dan data yang sudah disiapkan sebelumya. Cara peningkatan itu harus juga memerhatikan beberapa kaidah kebahasaan yang berjalan pada penulisan Karya ilmiah.

Nah itulah beberapa Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia. Semoga dengan adanya Informasi Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia dapat membantu ibu bapak dan ibu guru. Salam guru hebat

Posting Komentar untuk "Materi Karya Ilmiah Kelas 11 Bahasa Indonesia"