Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Server dan Fungsi Komputer Server

 

Pengertian Server dan Fungsi Komputer Server

Pengertian Server atau sering juga disebut dengan komputer server adalah komputer khusus yang digunakan untuk memberikan layanan kepada komputer lain atau komputer client  dalam suatu jaringan untuk memberikan data atau juga sebaliknya.

Mungkin anda pernah mengetahui dengan namanya server dan memiliki website yang sebagaian besarnya anda membeli hosting dan disanalah terjadi hubungan antara anda dengan penyadia hosting, maka itu bisa disebut dengan komputer server yang menyediakan dan mengirim layanan untuk komputer lain dengan bekerja keras bahkan non stop 24 jam.

Salah satu contoh layanan komputer server seperti website, FTP, DNS dan masih banyak lagi, yang pada intinya komputer server ini memberikan layanan kepada komputer lain atau client dalam suatu jaringan.

Untuk menjalankan tugas sebagai komputer server tidak begitu mudah sekali karena perlu peralatan atau hardware yang mendukung serta spesifikasi yang tinggi dan juga sistem pendingin yang stabil dan baik. Dalam komputer server ini juga dibutuhkan sistem operasi yang baik dan tentunya khusus untuk komputer server untuk digunakan dalam memanagemen data serta dalam ketahanan digunakan dalam waktu yang lama, dengan tujuan agar komputer server dapat memberikan layanan kepada komputer client dengan maksimal dan baik.

Dalam hal lain, komputer server sangat berperan penting dalam dunia perusahaan karena tidak perlu menggunakan komponen lain yang digunakan oleh komputer client, cukup pakai saja komputer server. Salah satu contoh di kampus bagian akademik. Komputer lain terhubung dengan komputer server, apabila komputer client ingin melakukan print out maka cukup digunakan printer di komputer server saja, sehingga dapat menghemat pekerjaan anda serta tidak perlu pasang printer setiap komputer.

Itulah pengertian komputer server yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang luas.

Fungsi Komputer Server

Setelah mengetahui tentang pengertian komputer server maka tahap selanjutnya adalah dengan mengetahui apa saja fungsi komputer server dalam jaringan komputer. Berikut fungsinya.

1. Melayani Komputer Client

Fungsi yang pertama dari komputer server adalah melayani komputer client dengan baik dalam suatu jaringan yang terhubung dengan komputer server. Apabila komputer client memerlukan data atau sebuah file yang dimiliki oleh komputer server maka akan secara langsung mendapatkan IP address atau alamat Internet protokol yang sudah disediakan oleh server, maka akan dilakukan proses selanjutnya.

2. Melindungi serangan dari Berbagai Virus

Perkembangan teknologi yang semakin cepat maka dalam dunia kebutuhan akses serta kemanan komputer perlu ditingkatkan lagi, karena tidak sedikit para peretas yang menerobos masuk ke dalam komputer melalui jaringan, sehingga banyak pencurian serta penyadapan data yang tidak bisa diketahui sampai dengan sistem operasinya tidak bisa digunakan. Begitu juga dengan hal tersebut dengan adanya server maka komputer lain bisa terlindungi dari serangan virus atau banyak lagi seperti malware /pencurian data tanpa sepengetahuan user.

3. Pusat Penyimapan Data

Selain untuk melayani komputer client ternyata fungsi selanjutnya adalah sebagai tempat penyimpanan data-data dari komputer lain yang ditampung di komputer server, sehingga tidak perlu repot-repot dalam memberikan atau membagi data ke pengguna yang lain. Hal ini dapat dilakukan oleh komputer lain dengan cara terhubung ke dalam sebuah jaringan.

4. Mengatur Hak Akses

Fungsi selanjutnya adalah memberikan serta mengatur hak akses dalam suatu jaringan terhadap komputer lain atau komputer client. Hak akses ini bisa diatur oleh komputer server yang dimana hanya bisa mengakses data tertentu dan hanya bisa digunakan oleh komputer client saja. Sementara komputer server bisa menggunakan serta bisa mengakses data tanpa batas.

5. Memanagemen Akses Jaringan

Dalam fungsi selanjutnya adalah dengan melakukan memanagemen akses internet dengan adanya komputer server maka dalam akses internet bisa ditentukan atau diatur oleh server, komputer mana saja yang bisa menggunakan internet dan kapan internet itu bisa digunakan. Salah satu contoh tempat warnet, yang didalam warnet tersebut terdapat banyak komputer namun semua hal tersebut sudah diatur dalam komputer server yang tentunya tidak bisa diganggu gugat terkecuali ada kebijakan dari pemilik warnet tersebut.

6. Membantu kinerja  komputer Client

Fungsi selanjutnya adalah membantu kinerja komputer client yang dimana komputer server tersebut bisa membantu segala kebutuhan komputer client mulai dari penyimpanan data, pengiriman data, serta menangani  berbagai serangan dari dari virus dan malware yang dapat merugikan komputer client. Maka dari itu sangat penting sekali dalam melakukan serta menggunakan komputer server sebagai salah satu sarana membantu pekerjaan anda serta yang lainnya.

Dalam dunia perusahaan atau sekolah, kampus dan yang lainnya, disarankan untuk menggunakan komputer server dengan tujuan agar mempermudah akses penyimpanan data serta mempermudah karyawan dalam melakukan berbagai pekerjaan tanpa perlu menggunakan alat yang diperlukan masing-masing, cukup gunakan satu alat atau komponen saja yang dipasang di komputer server.

Perlu diketahui untuk komputer server alangkah baiknya menggunakan hardware yang mendukung serta menggunakan keamanan yang cukup tinggi agar virus serta malware tersebut tidak dapat masuk ke dalam komputer yang lainnya, serta spek yang dibutuhkan harus cukup besar untuk menampung data yang besar juga. Selain itu juga, sistem operasinya juga harus menggunakan sistem operasi yang tahan lama serta tidak mudah rusak serta mampu digunakan dalam jangka lama.

Itulah pengertian komputer server, fungsi komputer server yang perlu diketahui Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar untuk "Pengertian Server dan Fungsi Komputer Server"