Soal Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector - Desain Grafis Kelas 10
Soal Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector - Desain Grafis Kelas 10 dan kunci jawaban terbaru. Pembagian naskah latihan ini ditujukan untuk jurusan SMK dalam menghadapi ujian penilaian Uji Kompetensi Format Gambar.
Dasar Desain Grafis merupakan salah satu mata pelajaran dasar program keahlian untuk semua kelas 10 SMK disemua jurusan. Penilaian Uji Kompetensi Format Gambar dilaksanakan guna mengukur capaian kompetensi siswa.
Mendapatkan nilai yang baik tentu menjadi hal yang diinginkan terutama bagi yang ingin melanjutkan kuliah maupun langsung bekerja.
Berikut Contoh Soal Uji Kompetensi Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector - Desain Grafis Kelas 10
1. Dibawah ini software pengolah gambar vektor/digital illustrator adalah…
a. CorelDraw
b. Photoshop
c. Paintbrush
d. Adobe After Effect
e. Adobe Flash
Jawaban: A
2. Di bawah ini software pengolah gambar raster/digital imaging adalah…
a. CorelDraw
b. Paintbrush
c. Adobe Photoshop
d. Adobe After Effect
e. Adobe Flash
Jawaban: C
3. Element gambar seperti image, bentuk, garis, teks, kurva, symbol, atau layer adalah…
a. Object
b. Gambar
c. Grafik vektor
d. Bitmap
e. Palette
Jawaban: A
4. Image yang terbentuk dari rajutan atau sebarang sejumlah pixel atau titik adalah…
a. Object
b. Gambar
c. grafik vektor
d. bitmap
e. palette
Jawaban: D
5. Jenis teks yang dapat diberi efek khusus, misalnya efek emboss, lens, extrude pada CorelDraw adalah…
a. artistic text
b. paragraph text
c. grafik text
d. bitmap vektor
e. Extrude text
Jawaban: A
6. Image yang dibentuk berdasarkan deskripsi matematis yang menentukan posisi, panjang dan arah dari garis yang digambarkan adalah…
a. Object
b. Gambar
c. grafik vektor
d. grafik raster
e. bitmap
Jawaban: C
7. Jenis teks yang dapat diberi opsi format dan dapat diedit dalam blok yang besar pada
CorelDRAW adalah…
a. artistic text
b. paragraph text
c. grafik text
d. bitmap vektor
e. bitmap
Jawaban: B
8. Salah satu representasi gambar di dalam komputer adalah…
a. Object
b. Image
c. Bitmap
d. Vektor
e. Raster
Jawaban: C
9. Gambar yang dipresentasikan dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis disebut …
a. Raster
b. Vektor
c. Bitmap
d. Objek
e. Creation
Jawaban: B
10. Salah satu software berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk proses cetak adalah…
a. Adobe Illustrator
b. Adobe Dreamweaver
c. CorelView
d. Adobe Firework
e. Adobe Flash
Jawaban: A
11. Software berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk web adalah..
a. Adobe Illustrator
b. Adobe Freehand
c. CorelDRAW
d. Macromedia firework
e. Adobe Flasher
Jawaban: D
12. Software berbasis vektor dalam kategori program animation creation untuk web adalah…
a. Adobe Illustrator
b. Adobe Freehand
c. CorelDRAW
d. Adobe firefox
e. Adobe Flash
Jawaban: E
13. Software berbasis vektor dalam kategori program CAD adalah…
a. AutoCAD
b. Microtik
c. 3D Studio (MAX dan Viz)
d. Maya
e. Formz
Jawaban: B
14. Software berbasis vektor dalam kategori program CAD adalah…
a. AutoCADS
b. Microstation
c. 3D Studio (MAX dan Viz)
d. Maya
e. Formz
Jawaban: B
15. Software berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah.. .
a. AutoCAD
b. Microstation
c. 3D Studio (MAX dan Viz)
d. Maza
e. Formze
Jawaban: C
16. Software berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah…
a. AutoCAD
b. Microstation
c. 3D Studio
d. Maya
e. Formze
Jawaban: D
17. Software berbasis vektor dalam kategori program modeling adalah…
a. AutoCAD
b. Microstation
c. 3D Studio
d. Mayaz
e. Formz
Jawaban: E
18. Untuk keluar dari program aplikasi CorelDRAW dapat menggunakan shortcut…
a. Alt + F1
b. Alt + F2
c. Alt + F3
d. Alt + F4
e. Alt + F5
Jawaban: D
19. Untuk dapat menghapus seluruh warna yang sama pada Adobe Photoshop maka Anda dapat menggunakan tool…
a. Background erase tool
b. Erase tool
c. Magic Erase tool
d. Color Erase tool
e. The same erase tool
Jawaban: C
20. Salah satu program berbasis vektor dalam kategori program image creation untuk proses cetak adalah…
a. Adobe After Effect
b. Corel Capture
c. CorelDRAW
d. Adobe Firework
e. Adobe Flash
Jawaban: C
21. Wilayah yang masuk dalam pencetakan pada CorelDRAW disebut dengan wilayah…
a. Print Area
b. Printable Area
c. Print Setup
d. Print Zoom
e. Page Setup
Jawaban: B
22. Untuk memberi warna objek pada CorelDRAW cukup dengan …. salah satu warna pada palette warna
a. Klik
b. klik kanan
c. drag
d. geser
e. drop
Jawaban: A
23. Agar set foreground color berwarna putih dan set background color berwarna hitam pada photoshop maka cukup dengan menekan tombol…
a. A
b. B
c. C
d. E
e. X
Jawaban: E
24. Agar set foreground color berwarna hitam dan set background color berwarna putih pada photoshop maka cukup dengan menekan tombol…
a. A
b. B
c. C
d. D
e. E
Jawaban: D
25. Untuk memotong 2 (dua) objek yang bersinggungan pada CorelDRAW digunakan...
a. Extrude
b. Erase
c. Trim
d. Intersect
e. Weld
Jawaban: C
26. Tool yang digunakan untuk membuat objek kotak pada CorelDRAW adalah…
a. shape tool
b. polygon tool
c. star tool
d. ellipse tool
e. rectangle tool
Jawaban: E
27. Tool yang digunakan untuk membuat objek bintang pada CorelDRAW X4 adalah…
a. shape tool
b. polygon tool
c. star tool
d. ellipse tool
e. text tool
Jawaban: C
28. Script yang digunakan untuk pindah ke frame tertentu adalah...
a. go to frame
b. go to play
c. go to frame and play
d. go to play frame
e. move to play
Jawaban: A
29. Script untuk menghentikan Animasi adalah ...
a. Play();
b. Play() then Stop();
c. on(release);
d. gotoAndPlay();
e. Stop();
Jawaban: E
30. Untuk membuat kelengkungan titik pada Adobe Photoshop adalah ...
a. convert point tool
b. delete anchor point tool
c. add anchor point tool
d. free form pen
e. eraser tool
Jawaban: A
31. File format dari Adobe Photoshop adalah ...
a. Cdr
b. Avi
c. Psd
d. Rgb
e. Mpeg
Jawaban: C
32. Film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan...
a. Film bergerak
b. Film kartun
c. Film animasi
d. Film flash
e. Film effect
Jawaban: C
33. Merupakan ukuran kecepatan movie dalam banyaknya frame per detik adalah…
a. frame per second
b. movie in frame
c. Frame Scan
d. Frame speed
e. Frame Rate
Jawaban: E
34. Mengumpulkan beberapa objek untuk dijadikan satu disebut…
a. Grouping
b. Dragging
c. Combining
d. be one
e. scanning
Jawaban: A
35. Untuk menampilkan jendela help maka cukup dengan menekan tombol…
a. F1
b. F2
c. F3
d. F4
e. F5
Jawaban: A
36. Tindakan yang dilakukan setelah adanya action adalah…
a. Download
b. Effect
c. Event
d. Export
e. Frame
Jawaban: C
37. Di bawah ini adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengolah gambar dari scanner adalah…
a. CorelDRAW
b. Adobe Photoshop
c. CorelView
d. Adobe After Effect
e. Pinacle
Jawaban: B
38. Untuk menentukan transparent gambar pada Photoshop maka digunakan …
a. Opacity
b. Wet Edges
c. Blur
d. Smudge
e. Type
Jawaban: A
39. Painting tool pada Photoshop yang digunakan untuk membuat gambar dengan memakai kuas adalah…
a. Painting brush
b. Pencil
c. Eraser
d. paint bucket
e. air brush
Jawaban: A
40. Untuk menutup program aplikasi Photoshop dapat menggunakan shortcut…
a. CTRL + A
b. CTRL + S
c. CTRL + Y
d. CTRL + F
e. CTRL + Q
Jawaban: E
Posting Komentar untuk "Soal Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector - Desain Grafis Kelas 10"