Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Scanner dan Cara Kerjanya

 

Pengertian Scanner dan Cara Kerjanya

Pengertian Scanner

Scanner  adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. 

Bentuk dan ukuran scanner bermacammacam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. 

Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan. 

Cara Kerja Scanner :  

Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah : 

  1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. 
  2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. 
  3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. 
  4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. 
  5. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu : 

  1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja. 
  2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warnawarna tersebut adalah merah, hijau dan biru.

Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna.

Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna).

Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus. 

Sejarah Scanner

Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks.

Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negative, Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.

Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan opticalmachine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley  lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).Demikian sejarah singkat penemuan scanner dan perkembangan scanner dari awal penemuannya sampai sekarang scanner baru dengan teknologi berbeda dan canngih telah ditemukan dan dikembangkan di dunia oleh berbagai Company seperti yang disebutkan di atas.

Fungsi Scanner

Munculnya pada pemindai atau scanner yang terkait erat dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama yang sering dikaitkan dengan dokumen dan file. Dalam alat scanner terdapat fungsi, diantaranya adalah:

1. Dokumentasi

Sangat disarankan bahwa beberapa pengguna scanner dapat menggunakan pemindai dan menyimpannya ke file digital ketika mendokumentasikan atau menyimpan file yang dianggap penting. Pemindai juga digunakan untuk menggandakan file yang tidak ada file pengganti.

2. Mengamankan Berkas

File umumnya memiliki risiko fisik yang dapat terjadi kapan saja, contohnya kerusakan, saat terkena air, dan lain-lain. Dengan pemindai, file lebih aman karena versi digital dapat menjamin keberadaan versi asli.

3. Mengolah Berkas

Ketika berurusan dengan file fisik, memiliki risiko paling kecil ialah dapat buang-buang waktu karena manajemen yang sangat sulit. Dengan pemindaian, file apa pun dapat dengan mudah dikelola dan dibagikan. Jika file diperlukan, versi digital dapat digunakan kapan saja.

4. Menyalin Berkas

Fungsi pertama pada pemindai merupakan menyalin file-file penting yang berguna untuk melindungi terhadap hal-hal yang dapat merusak file itu sendiri. Seperti kontak dengan air, air mata atau lainnya.

Jenis – Jenis Scanner

Beberapa jenis pemindai disebabkan oleh perkembangan teknologi pada setiap hari, hingga keluaran pemindai lahir dengan spesies yang berbeda, termasuk:

1. Sheet-Fed Scanner

Pemindai jenis ini terdapat yang harganya lebih mahal dan memiliki kinerja yang mirip dengan flatbed. Perbedaannya yakni lembar tersebut dapat dimasukkan ke dalam pemindai dan bergerak di sepanjang pemindaian.

Jenis ini tidak cocok sebagai buku. Hingga hanya cocok untuk lembaran tunggal. Meski begitu, pemindai jenis ini sering ditemukan di kantor atau di rumah.

2. Flatbed Scanner

Flatbed Scanner merupakan sebuah jenis pemindai yang paling sering terjadi dan dapat memindai secara pertama yang terjadi pada kantor dan rumah.

Memiliki sebuah bentuk kompak dan dibagi menjadi dua bagian yang bisa ditutup. Bagian dasar adalah lokasi di mana lembar-lembar file akan dijatuhkan, sedangkan bagian atas digunakan sebagai menutup ketika terjadinya sebuah pemindaian yang akan dilakukan.

Jenis ini kuno dan sangat tidak praktis, yang berarti bahwa hanya satu file pada satu waktu yang dapat dipindai.

3. Drum Scanner

Pemindai jenis ini sering digunakan sebagai mengambil gambar dan memutarnya dalam resolusi tinggi. Hasil yang maksimal dari jenis ini membuat beberapa produsen jenis pemindai tersebut.

4. Portable Scanner

Pemindai jenis ini telah banyak digunakan baru-baru ini, terutama oleh orang-orang yang sering melakukan mobilisasi berat. Pemindai portabel ini didukung oleh penggunaan kartu memori dan baterai.

5. Integrated Scanner

Pemindai jenis ini sering digunakan saat ini karena dapat menghasilkan keluaran dengan hasil kualitas yang akan diinginkan.

6. Handy Scanner

Merupakan sebuah pemindai kartu pos, yang sering kita temukan di mini market dan supermarket. Karena dapat digunakan sebagai pemindaian pada kasir sebagai alat baca untuk harga artikel di barcode artikel. Mereka yang memproduksinya mengatakan bahwa ini merupakan evolusi dari jenis flatbed tersebut.

7. PSC atau Print Scan Copy

Merupakan jenis perangkat multifungsi, dapat digunakan antara lain untuk pemindaian, dapat digunakan untuk printer, dan dapat digunakan sebagai mesin foto copy.

Ketika pengguna memindai, konten pemindaian segera cukup dalam memori nya. Jadi, jika Anda berada di kantor atau di rumah, hanya perlu memindahkannya ke komputer.

Komponen-Komponen Scanner

Komponen-komponen yang dimaksud adalah komponen-komponen pada scanner flatbed,karena scanner jenis ini yang paling kita jumpai dan yang sering kita gunakan Komponen tersebut adalah :

Alas Kaca

Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.

Sumber Cahaya

Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.

Sensor Sinar Pantulan

Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.

Motor Stepper danPita Bergerigi

Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD

Penutup Scanner

Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Selain komponen-komponen tersebut tentu masih ada banyak komponen lain, tetapi fungsi dan bentuknya dapat berbeda antara jenis scanner satu dan lainnnya.

Cara Menggunakan Scanner

  1. Adapun langkah-langkah menggunakan scanner adalah :
  2. Pastikan scanner dan computer dalam kondisi menyala atau terhubung.
  3. Persiapkan gambar atau dokumen yang akan di scan
  4. Buka penutup scanner
  5. Letakkan dokumen atau gambar pada scanner kemudian tutup kembali.
  6. Pada computer buka program pengolah data (start menu-all program-photoshop,dan jika menggunakan microtek buka software microtek scan wizard 5 (start menu-all program-microtek-microtek wizard 5).
  7. Untuk software microtek klik preview kemudian sesuaikan hasil scan.
  8. Untuk software photoshop klik file-import-microtek,jika menggunakan f380 all in one klik file-import-f300 twain kemudian klik preview,sesuaikan hasil scan.
  9. Untuk microtek klik scan tunggu beberapa saat maka akan meminta informasi untuk menyimpan,simpan hasil scan ditempat yang diinginkan.
  10. Untuk photoshop ketika anda klik scan maka secara otomatis hasil akan tampil dilayar photoshop anda dapat melakukan edit untuk kemudian disimpan.
  11. Proses scan salesai.

Cara Memperbaiki Masalah Scanner

Scanner adalah berbagai model-model yang digunakan untuk memindai foto dan dokumen baik ke komputer Anda. Online scanner diproduksi oleh Scanjet meliputi seri, Photosmart scanner, Jaringan scanner dan E-Scanner. Meskipun setiap scanner yang berbeda, Anda dapat menggunakan beberapa metode umum untuk memperbaiki   scanner.

  • Uninstall software untuk Anda scanner. Jika masalah Anda tampaknyaterkait  perangkat lunak, Anda harus uninstall dan menginstal perangkat lunak pemindai  . Untuk melakukan hal ini, pergi ke “Add / Remove Programs” pada desktop Anda. Menemukan program scanner   dan klik tombol “Uninstall” pilihan. Setelah ini selesai, Masukkan kembali perangkat lunak pemindai CD-ROM dan ikuti petunjuk instalasi.
  • Disable start-up item di Windows. Beberapa program Windows dapat mempengaruhi scan gambar yang dihasilkan oleh scanner  . Memperbaiki masalah ini dengan pergi ke “Run” menu pada Windows. Masukkan “msconfig” untuk membuka jendela konfigurasi sistem. Pilih “Selective start up” dan tidak memeriksa semua program yang tercantum dalam menu ini.
  • Lepaskan semua kabel dan mematikan sumber daya scanner  . Untuk memperbaiki suara mekanis aneh dari perangkat, putar scanner off dan kemudian menghubungkan kembali kabel dan sumber daya setelah menunggu satu menit.
  • Memasang driver update untuk Anda scanner. Sopir yang ketinggalan jaman juga dapat menyebabkan Anda scanner untuk kerusakan. Menyelesaikan masalah ini dengan men-download driver baru dari Support website.
  • Bersihkan kaca scanner Anda. Kotoran dapat membangun di bawah kaca pemindai dan menyebabkannya untuk berhenti bekerja dengan benar. Untuk membersihkan kaca di bawah, Anda akan perlu untuk membongkar gelas menggunakan obeng kepala yang datar. Anda mungkin memerlukan sebuah obeng Phillips juga jika berada di tempat sekrup di bagian belakang kaca pemindai. Gunakan pembersih kaca dan kain yang kering untuk menghapus segala debu dan puing-puing. Re-install kaca dengan menggunakan obeng Phillips.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas untuk Anda yaitu mengenai Pengertian Scanner, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Pengertian Scanner dan Cara Kerjanya"