Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Video Cinematic

 

Tips Membuat Video Cinematic

Tips edit Video Cinematic menjadi pengetahuan tambahan bagaimana cara membuat video. Cinematic look agar terkesan seperti sebuah film. Untuk membuatnya ada skil khusus yang perlu diperhatikan. Pembuatan video seperti ini tidak hanya dengan sekedar pemilihan effects, namun juga feeling.

Pengertian Video Cinematic

Pengertian dari cinematic tentu hanya terdapat pada dunia seni peran. Kata cinematic sendiri diambil dari kata cinema yang artinya film (secara umum). Dalam bahasa inggris Britannia, arti cari cinema adalah bioskop dan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perfilman.

Sehingga makna dari cinematic look secara lebih spesifik yaitu sebuah video yang seakan sedang menyampaikan sebuah cerita melalui alur yang telah terkonsep. Baik itu dalam bentuk video ataupun animasi. Penggunaan teknik kamera, effects visual effects audio dan alur cerita dibuat layaknya sebuah film. Jasa editor video DHIA Production akan membantu untuk membuat berbagai macam jenis video yang nantinya akan mendapatkan hasil akhir seperti sebuah film.

Dalam sejarah, istilah cinematic look telah ada sejak lama, bahkan sebelum munculnya kamera DSLR Redcam maupun mirrorless. Pada saat itu dengan alat yang sangat terbatas, dinamyc rendah jumlah warna terbatas dan DOP tidak dapat tipis, sehingga hanya mampu membuat framing yang tidak dapat terfokus pada sebuah object. Semua proses pembuatan pun dikerjakan secara manual.

Tips Edit Video Cinematic

Pada saat membuat video cinematic, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut :

Aspek ratio

Tips edit video cinematic pertama yaitu memperhatikan aspek ratio. Hasil aspek ratio yang dihasilkan dari kamera digital dan kamera smartphone sangat berbeda jauh. Pada aspek ratio kamera digital ialah 2,35:1 dan 1,85:1. Sehingga akan menghasilkan gambar panjang.

Sementara itu untuk hasil aspek ratio yang dihasilkan oleh smartphone yaitu 4:3 dan 16:9. Hasilnya pun hanya akan fix saat memutar video melalui smartphone itu sendiri.

Latar harus mempunyai pencahayaan yang maksimal / ruang terang

Tips ini menjadi sangat penting. Supaya dapat menghasilkan video cinematic yang jelas, sehingga saat memutarnya tidak perlu lagi setting brightness dan contrast. Hal ini membuat pula yang membuat pentingnya lampu saat pengambilan film.

Untuk kamera sebaiknya pergunakan bukan yang lebar, misalnya f/3.5, f/2.8, ataupun f/5.6. Dengan bukan sempit maka dapat menghasilkan video dengan ruang cukup tajam, tetapi lebih sempit. Dengan kata lain mempunyai efek blur pada background / foreground.

Komposisi warna dan filter

Khusus untuk tips satu ini harus menggunakan feeling estetika. Sebab sebaik, selengkap / sempurna apa penggunaan komposisi warna dan filter, jika tidak sesuai dengan konsep video maka alhasil akan buruk. Jadi komposisi warna, filter transsisi, effects visual, audio dan lain – lain tidak hanya sekedar seolah menyambung. Namun juga terdapat nilai estetika sehingga dapat menghasilkan video cinematic layaknya professional.

Itulah pengertian dan tips edit video cinematic yang sebaiknya menggunakan jasa Dhia Production. Kami menyediakan beberapa tim yang ada sangat professional sehingga dapat membuat video cinematic dengan cukup cepat. Sebab kami pun juga tidak menyangkal butuh waktu yang cukup lama untuk menciptakan video cinematic.

Posting Komentar untuk "Membuat Video Cinematic"