Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

End Devices Jaringan

 


Komunikasi hampir sama pentingnya bagi kita dengan ketergantungan kita pada udara, air, makanan, dan tempat tinggal. Melalui penggunaan teknologi digital, manusia terhubung tidak seperti sebelum-sebelumnya. Teknologi jaringan merupakan sebuah perkembangan teknologi yang sangat membantu kita dalam berkomunikasi terutama untuk komunikasi dua arah pada jarak yang jauh. 

Teknologi jaringan ini merupakan sebuah komunikasi yang saling bertukar dan telah terhubung, dapat digunakan secara serempak yang melibatkan banyak orang atau hanya dengan 2 (dua) orang saja. Namun teknologi jaringan ini juga membutuhkan perangkat jaringan agar dapat terhubung dengan Internet.

Dalam penggunaan teknologi jaringan, terdapat 3 (tiga) macam perangkat yang dibutuhkan agar dapat terhubung dengan internet, yaitu: End Devices, Intermediary Devices, dan Network Media.

Dalam penggunaan teknologi jaringan, terdapat 3 (tiga) macam perangkat yang dibutuhkan agar dapat terhubung dengan internet, yaitu: End Devices, Intermediary Devices, dan Network Media.

End devices pada jaringan merupakan perangkat yang cukup populer dalam dunia jaringan. Perangkat ini memberi bentuk bagi antar muka interface antara pengguna dengan jaringan komunikasi dasar. Contoh dari perangkat end devices adalah Server, Komputer, Laptop, Handphone, dan Tablet.

Adapun perangkat yang termasuk dalam Intermediary Devices adalah Router, Switch, Multilayer Switch, dan Firewall Appliance. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan antar end devices. Contohnya router yang merupakan sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch dimana switch hanya menghubungkan device dalam satu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch adalah diibaratkan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah (end devices) berada pada jalan yang memiliki alamat tertentu dimana alamat ini dalam suatu LAN disebut sebagai IP Address.

Adapun Network Media merupakan media transmisi yang digunakan dalam jaringan tersebut. Media transmisi tersebut dibagi menjadi wireless, ethernet atau kabel UTP, dan fiber optic (cahaya). Dalam dunia jaringan, media transmisi yang sering dan paling banyak di gunakan adalah cable dan wireless. 

End Device

Beberapa contoh end device lainnya yaitu:

  1. Komputer (work station, laptop, file server, web server)
  2. Printer jaringan
  3. Telepon VoIP
  4. TelePresence endpoint
  5. Kamera pengawas
  6. Perangkat genggam bergerak (smartphone, tablet, PDA dan wireless debit/credit card reader dan barcode scanner)

Sebuah perangkat host, baik yang menjadi sumber atau tujuan dari sebuah pesan, dikirimkan melalui suatu jaringan. Supaya dapat membedakan antara satu host dengan host lainnya, setiap host diidentifikasikan dengan/diberikan sebuah alamat/address. Pada saat sebuah host memulai komunikasi, host tersebut menggunakan alamat dari host tujuan untuk menentukan ke mana tujuan pesan tersebut.

Intermediary Device

Perangkat intermediary berfungsi untuk menghubungkan antar end device. Perangkat ini menyediakan sambungan atau konektivitas dan bekerja untuk menjamin aliran data yang melalui jaringan. Selain menghubungkan host secara individu ke jaringan, perangkat intermediary juga dapat menghubungkan beberapa jaringan individu untuk membentuk sebuah internetwork. Contoh perangkat intermediary yaitu:

  1. Network Access (switch dan wireless access point)
  2. Internetworking (router)
  3. Security (firewall)

Mengatur aliran data melalui jaringan juga merupakan fungsi dari perangkat intermediary. Dalam hubungannya dengan jaringan interkoneksi, perangkat-perangkat ini juga menggunakan alamat host tujuan untuk menentukan jalur yang mesti ditempuh oleh pesan.

Proses-proses yang berjalan dalam perangkat jaringan intermediary, menampilkan fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Membangkitkan dan mengirimkan lagi sinyal-sinyal data
  2. Mengurusi informasi yaitu jalur mana yang tersedia di jaringan dan internetwork
  3. Memberi notifikasi kepada perangkat lain akan adanya eror dan kegagalan komunikasi
  4. Mengarahkan data untuk melalui jalur alternatif pada saat terjadi kegagalan sebuah sambungan
  5. Mengklasifikasi dan mengarahkan pesan berdasarkan prioritas Quality of Service (QoS)
  6. Menyetujui atau tidaknya sebuah aliran data berdasarkan pengaturan keamanannya.

Media

Komunikasi melalui jaringan dibawa oleh sebuah medium. Medium tersebut menyediakan saluran yang dilalui oleh pesan dalam perjalanan dari sumber ke tujunannya.

Jaringan modern pada dasarnya menggunakan tiga jenis media. Tiga jenis media tersebut menghubungkan perangkat-perangkat dan menyediakan jalur tempat data dapat dikirimkan. Tiga jenis media tersebut yaitu:

  1. Metalic wires dalam kabel
  2. Kaca atau serat plastic (kabel serat optic)
  3. Wireless transmission

Masing-masing jenis media memliki sinyal encoding pesan yang berbeda-beda. Pada metallic wires, data dikodekan ke dalam impuls listrik yang membentuk pola-pola khusus. Serat optik mentransmisikan pesan dengan mengandalakan pulsa-pulsa cahaya baik sinar infra merah ataupun cahaya lain yang jangkauannya masih dapat terlihat/tertangkap. Dalam transmisi wireless, pola-pola gelombang electromagnet menggambarkan beragam nilai bit.

Setiap jenis media jaringan memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Tidak semua media jaringan memiliki karakteristrik yang sama dan sesuai dengan tujuan yang sama. Kriteria-kriteria yang yang dapat digunakan dalam menentukan media jaringan yaitu:

  1. Jarak di mana media dapat berhasil mengantarkan sebuah sinyal.
  2. Lingkungan di mana tempat media digunakan.
  3. Jumlah data dan kecepatan data yang harus dikirimkan.
  4. Biaya atau ongkos media dan instalasi. 

Posting Komentar untuk "End Devices Jaringan"