Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe - Tipe Jaringan Komputer

 

Tipe-tipe jaringan komputer
Jenis dan Tipe Jaringan Komputer

Guru Go Blog - Jaringan Komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagai sumber data. 

Setiap titik akhir dalam suatu jaringan memiliki tanda pengenal, yang biasa disebut dengan alamat IP atau alamat media access control.  Endpoint dapat mencakup server, komputer, telepon, dan perangkat keras (hardware) jaringan yang lain. Jaringan komputer dapat dibuat dengan menggunakan gabungan dari teknologi kabel atau wireless.

Jaringan dapat bersifat privat maupun publik,dalam penggunaan jaringan private, biasanya memerlukan akses user untuk memasukkan kata sandi yang dimasukkan secara manual oleh administrator atau diperoleh langsung oleh pengguna. Untuk penggunaan jaringan publik seperti internet, tidak membatasi suatu akses.

Secara umum tipe jaringan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu peer to peer dan client-server. Perbedaan yang paling mendasar diantara dua tipe jaringan tersebut adalah pada client-server terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai server yang melayani client-client yang lain sedangkan pada peer to peer tidak ada komputer yang secara khusus didedikasikan sebagai server ataupun client, setiap komputer bisa bertindak sebagai client ataupun server.

Tipe-Tipe Jaringan Komputer

Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan tipe ini, setiap komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya secara langsung tanpa perantara. Bukan hanya komunikasi langsung tetapi juga sumber daya komputer dapat digunakan oleh komputer lainnya tanpa ada pengendali dan pembagian hak akses.

Setiap komputer dalam jaringan Peer to Peer mampu berdiri sendiri sekalipun komputer yang tidak bekerja atau beroperasi. Masing-masing Komputer tidak terikat dan tidak tergantung pada komputer lainnya. Komputer yang digunakan pun bisa beragam dan tidak harus setara, karena fungsi komputer dan keamanannya diatur dan dikelola sendiri oleh masing-masing komputer.

Tipe jaringan ini cocok digunakan untuk membangun jaringan komputer skala kecil seperti di rumah, di dalam sebuah ruangan kerja, lab komputer sekolah dan lain-lain. Peer to Peer ini umumnya dipakai dalam membangun jaringan berbasis workgroup yang menerapkan fungsi sharing atau bagi pakai penggunaan hardware dan software, karena pada tipe ini biasanya tidak memerlukan pengaturan keamanan dan kendali antara masing-masing komputer.

Gambar di dibawah menunjukkan skema dari jaringan Peer to Peer.
skema jaringan peer to peer
skema dari jaringan Peer to Peer

Beberapa hal dari jaringan Peer to Peer ini adalah :
  • tidak perlu spesifikasi yang setara untuk setiap komputer (bisa beragam)
  • biasanya tidak ada komputer pusat yang dijadikan sentral jaringan
  • biasanya juga tidak ada kontrol atau kendali terhadap pengaturan keamanan jaringan
  • tidak memerlukan Operating System khusus seperti untuk server
  • jika ada 1 atau lebih komputer yang rusak atau tidak bekerja, komputer lain tetap dapat berfungsi normal

Kelebihan:

  1. Semua komputer yang terhubung ke jaringan memiliki hak yang sama
  2. Biaya lebih murah (relatif) karena tidak membutuhkan sebuah komputer server yang berkemampuan tinggi
  3. kelancaran jaringan tidak tergantung kepada komputer server

Kekurangan:

  1. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing - masing komputer yang terhubung kejaringan
  2. data tersebar pada masing - masing komputer (backup data harus dilakukan masing - masing komputer)
  3. trouble shooting jaringan lebih rumit

Jaringan Client-Server

Sesuai namanya, jaringan komputer tipe ini memerlukan sebuah (atau lebih) komputer yang difungsikan sebagai pusat pelayanan dalam jaringanyang disebut Server. Komputer-komputer lain disebut Client atau Workstation. Sesuai sebutannya, komputer Server bertugas melayani semua kebutuhan komuter lain yang ada dalam jaringan. Semua fungsi jaringan dikendalikan dan diatur oleh komputer Server, termasuk masalah keamanan jaringan seperti hak akses data, waktu akses, sumber daya dan sebagainya.

Dalam jaringan Client-Server ini, mungkin saja digunakan lebih dari 1 buah Server, ini tergantung fungsi yang diterapkan dalam jaringan tersebut. Misalnya ada Server Web, Server Mail dan lain-lain.

Komunikasi antarkomputer dilakukan melalui perantara Server, namun, kalau Server tidak aktif maka komputer lainnya (Client) tidak dapat saling berkomunikasi. Skema dasar dari jaringan tipe Client-Server ini seperti ditunjukkan gambar di bawah.

tipe jaringan komputer
skema jaringan Client Server

Tipe ini sangat baik digunakan jika ingin menerapkan Diskless System yang akan menghemat penggunaan (pembelian) harddisk pada komputer Client seperti pada LTSP (Linux Terminal Server Project). Tetapi tipe jaringan Client-Server ini memerlukan Operating System khusus yang fitur dan fingsi-fungsinya memang dikhususkan untuk Server. Contoh Operating System khusus untuk Server adalah Novell Netware, Microsoft Window$ Server, Linux dan sebagainya.

Kelebihan:
  1. Terdapat seorang administrator jaringan yang bertugasa mengelola system keamanan dan administrasi jaringan, sehingga keamanan  dan administrasi jaringan lebih terkontrol
  2. komputer server dapat difungsikan sebagai pusat data, komputer client dapat mengakses data yang ada dari komputer client manapun. Jika ada komputer client yang rusak, pengguna masih bisa mengakses data dari komputer client lain
  3. pengaksesan data lebih tinggi karena penyediaan dan pengelolaan fasilitaas jaringan dilakukan oleh komputer server. Komputer server tidak terbebani oleh tugas lain sebagai workstation.
  4. System backup data lebih baik, karen dapat dilakukan terpusat di komputer server. Jadi seandainya komputer client mengalami kerusakan masih tersedia backup data pada server.
Kekurangan:
  1. membutuhkan biaya mahal (relatif) karena membutuhkan sebuah komputer server yang berkemampuan tinggi
  2. kelancaran jaringan sangat bergantung pada komputer server sehingga jika server terganngu maka sistem secara keseluruhan terganggu

Posting Komentar untuk "Tipe - Tipe Jaringan Komputer"