Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Audio dengan Audio Mixer Pada Adobe Premiere

Penjelasan Audio dengan Audio Mixer Pada Adobe Premiere
Audio Mixer Pada Adobe Premiere

Pada kesempatan pertemuan kali ini akan menjelaskan pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi.

Materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP dengan pembahasan yaitu: Pengolahan Audio Pada Video dan mencakup 3 pembahasan, yang pertama yaitu : Mengolah Audio Secara Manual, Mengolah Audio dengan Audio Mixer dan Mengolah Efek Video pada Klip Video.

Klip audio atau suara dalam video editing sangat penting. Klip video yang tidak dilengkapi dengan audio atau suara akan bisu, sehingga pesan tidak akan tercapai. Dengan audio, klip video akan lebih menarik dan hidup. 

Audio Mixer adalah suatu peralatan audio yang dipergunakan sebagai alat untuk mencampur berbagai sumber suara, mengolah suara, mengatur, mengontrol input dan memperkuat sinyal suara menjadi suatu hasil keluaran suara yang diinginkan. Audio mixer populer disebut mixing. Dalam hal ini, audio mixer adalah alat yang mampu menerima beberapa masukan atau input dan dapat diproses secara bersamaan serta memiliki satu jalur keluaran yakni master out.

Pengeditan klip audio dapat dilakukan mulai dari mengatur tingkat volumenya, mengatur tingkat tinggi rendahnya nada, memotong klip audio sesuai dengan kebutuhan, atau menggesernya untuk mendapatkan posisi yang tepat sesuai dengan klip video yang dijalankan.

Audio mixer merupakan program pembantu yang disediakan Adobe Premiere untuk mengatur tingkat kepekaan klip audio. Kita dapat mengatur tingkat volume lebih dari satu klip audio bersamaan. Dengan audio mixer, kita dapat menjalankan klip video dan mengatur tingkat volume klip audio secara langsung, sehingga akan memudahkan pengeditan klip audio seperti mengatur tingkat volume klip audio berdasarkan pada klip video yang dijalankan. Kita juga dapat melakukan percobaan perekaman klip audio.

Supaya dapat menggunakan Audio Mixer dengan baik, kita harus mengetahui bagian-bagian jendela Audio Mixer dan fungsinya. 


Untuk lebih jelasnya bagian-bagian mengenai jendela Audio Mixer dan fungsinya:


Pertanyaan:
  1. Mengapa klip audio sangat penting untuk membuat sebuah video ?. Klip video yang tidak dilengkapi dengan audio atau suara akan bisu, sehingga pesan tidak akan tercapai. Dengan audio, klip video akan lebih menarik dan hidup.  
  2. Teknik apa saja untuk edit klip audio : Pengeditan klip audio dapat dilakukan mulai dari mengatur tingkat volumenya, mengatur tingkat tinggi rendahnya nada, memotong klip audio sesuai dengan kebutuhan, atau menggesernya untuk mendapatkan posisi yang tepat sesuai dengan klip video yang dijalankan.
  3. Audio mixer merupakan program pembantu yang disediakan Adobe Premiere yang dipakai untuk aplikasi apa saja, jelaskan ? Audio mixer merupakan program pembantu yang disediakan Adobe Premiere untuk mengatur tingkat kepekaan klip audio. Kita dapat mengatur tingkat volume lebih dari satu klip audio bersamaan. Dengan audio mixer, kita dapat menjalankan klip video dan mengatur tingkat volume klip audio secara langsung, sehingga akan memudahkan pengeditan klip audio seperti mengatur tingkat volume klip audio berdasarkan pada klip video yang dijalankan. Kita juga dapat melakukan percobaan perekaman klip audio. 
  4. Ambilah kesimpulan lain dari hasil praktikum anda ! Berdasarkan praktikum diatas dapat disimpulkan bahwa klip audio sangat penting untuk membuat sebuah klip video karena tanpa klip audio, video akan bisu sehingga pesan tidak akan tercapai. Dengan audio, klip video akan lebih menarik dan hidup. Kita dapat mengedit audio dengan mengatur tingkat volumenya, mengatur tingkat tinggi rendahnya nada, memotong klip audio sesuai dengan kebutuhan, atau menggesernya untuk mendapatkan posisi yang tepat sesuai dengan klip video yang dijalankan. Pada Adobe Premiere kita bisa menggunakan Audio Mixer untuk mengatur tingkat kepekaan klip audio, tingkat volume lebih dari satu klip audio bersamaan, menjalankan klip video dan mengatur tingkat volume klip audio secara langsung, sehingga akan memudahkan pengeditan klip audio seperti mengatur tingkat volume klip audio berdasarkan pada klip video yang dijalankan. Kita juga dapat melakukan percobaan perekaman klip audio.  

Sekian dulu untuk bahan materi tentang pembahasan Penjelasan Audio dengan Audio Mixer Pada Adobe Premiere.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Audio dengan Audio Mixer Pada Adobe Premiere"