Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Komputer dan Perangkatnya

Pengenalan Komputer dan Perangkatnya
Mengenal Komponen Komputer

Komputer yang artinya menghitung. Definisi Komputer adalah alat/mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input), memprosesnya untuk menghasilkan informasi (output), dan kemudian menyimpannya ke media penyimpan (Secondary Storage).

Sistem komputer (computer system), terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras dan perangkat lunak tersebut harus bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem yang lazim disebut dengan sistem komputer.

Pengertian Komputer

Secara umum Komputer dapat diartikan sebagai alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan komputer.

Istilah Computer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer, baik penampakan pada layar monitor, suara, gambar, dll. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.

Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.

Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna.

Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.

Fungsi Komputer Dalam Kehidupan Kita

Secara garis besar fungsi komputer sendiri adalah membantu pekerjaan manusia sehari - hari seperti menghitung, komunikasi, controling, hiburan dan lain - lain, dengan adanya komputer pekerjaan kita menjadi lebih cepat.

Akan tetapi secara terperinci fungsi komputer dalam segala bidang adalah sebagai berikut

1. Bidang Kesehatan

Diera sekarang ini komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, sehingga pekerjaan dibidang kesehatan dapat dengan mudah diselesaikan, salah satu contoh fungsi komputer dalam bidang kesehatan adalah adanya aplikasi komputer yang digunakan untuk USG ( Ultra Sonografi ).

2. Bidang Usaha Dan Bisnis

Dalam dunia bisnis komputer sangat diperlukan, karena dunia usaha dan bisnis membutuhkah sekali kecepatan dan ketepatan dalam proses menghitung neraca dan keuangan. salah satu contoh fungsi komputer dalam dunia bisnis adalah adanya aplikasi akuntansi dan keuangan.

3. Dalam Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan fungsi komputer sangat banyak sekali, hal ini terbukti dengan banyaknya aplikasi pendidikan yang sekarang ada. salah satu contohnya adalah adanya aplikasi pendaftaran, pembayaran, dan ujian yang kesemuanya menggunakan perangkat komputer. Selain itu mudahnya mencari informasi dan modul pendidikan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet merupakan fungsi komputer dalam dunia pendidikan yang paling utama.

4. Dunia Hiburan

Fungsi komputer dalam dunia hiburan sangat banyak sekali, seperti mempermudah kita untuk melihat video, memutar musik, karaoke dan lain sebagainya. Dan yang paling banyak digandrungi sekarang ini adalah streaming video yang bisa dilakukan dengan menghubungakan komputer dengan internet.

5. Bidang Komunikasi

Adanya komputer sangat mempermudah kita untuk melakukan komunikasi, sebagai contoh saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi chating, video call dan juga social media yang sangat membantu sekali untuk komunikasi baik dengan teman, rekan kerja atau dengan keluarga.

6. Bidang Keamanan Dan Pertahanan

Dalam bidang keamanan dan pertahanan komputer sangat penting sekali, dengan adanya komputer suatu negara dapat memantau keamanan wilayahnya dengan mudah dan lebih teliti. Selain itu pihak pertahanan dapat mengontrol berbagai alat keamanan dengan menggunakan komputer. Sementara untuk di lingkungan kita, komputer dapat memantau keamanan lingkungan dengan menggunakan alat berupa CCTV.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan fungsi komputer, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat komputer sekalian dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang tentu bermanfaat untuk kita semua.

Apa Itu Perangkat Keras Komputer?

Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware merupakan seluruh perangkat komputer yang dapat di lihat secara fisik atau dapat diraba secara nyata yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistim komputer.

Pada umumnya terdapat 3 bagian utama dalam perangkat keras komputer yaitu bagian perangkat input, proses dan perangkat output. Setiap bagian ini mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda, dan jika salah satu bagian tersebut menemui kendala, tentu saja akan mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi  dari tiap-tiap bagian perangkat keras komputer seperti yang telah disinggung di atas.

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat input atau input device di sebut juga sebagai unit masukan yang berfungsi untuk memberikan input pada komputer yang selanjutnya akan di proses dan di ekseekusi.
Contoh berbagai perangkat input komputer dapat di jelaskan seperti berikut ini.

1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input komputer yang memberikan perintah masukan. Nah, jika anda mengetikkan tombol apapun dari keyboard anda, maka komputer akan membaca dan menyimpan perintah yang anda ketikkan sebagai perintah masukan yang seterusnya akan diberikan ke bagian pemrosesan untuk segera di proses.

2. Mouse
Mouse juga merupakan perangkat input komputer. Mouse di sebut juga dengan pointer atau penunjuk yang mengarahkan kemanapun sesuai dengan keinginan pengguna. Selain berfungsi sebagai penunjuk atau pointer, berikutnya mouse juga berfungsi untuk melakukan klik, double klik dan scrool.

Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras komputer, mouse juga mengalami beberapa perubahan baik dari segi desain dan bentuk. Sebagai contoh pada laptop masa kini mouse konvensional telah bisa digantikan dengan adanya touchpad yang memiliki fungsi yang sama dengan mouse terdahulu namun touchpad telah menyatu dengan bagian laptop itu sendiri sehingga lebih praktis dan fleksibel.

Perangkat Proses (Process Device)

1. RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komuter. Jadi saat anda memberikan perintah masukan pada komputer, maka memori ram akan menyimpan perintah tersebut untuk sementara dan kemudian akan di kirimkan ke processor untuk di eksekusi.

2. Processor
Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah.

Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.

3. Motherboard
Motherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya.

Perangkat Output (Output Device)

Monitor atau di kenal juga dengan sebutan screen berfungsi untuk menampilkan gambar pada pengguna. Agar pengguna bisa berinteraksi dengan komputer tentu setiap pengguna harus bisa melihat tampilan dari komputer tersebut, dan inilah fungsi dari screen atau monitor.

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi perangkat keras, screen atau monitor komputer juga mengalami beberapa perubahan.

Jika dahulu monitor masih dengan tipe tabung yang ukurannya besar dan konsumsi dayanya tinggi, maka untuk saat ini monitor komputer sudah tersedia dengan banyak desain mulai dari tampilan yang begitu tipis, layar dengan model LED dan tampilan gambar yang lebih jelas, nyaman untuk dilihat dan lebih hemat daya.

Sekian dan Terimakasih sedikit materi tentang pengenalan komputer..!!

Posting Komentar untuk "Pengenalan Komputer dan Perangkatnya"