Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manipulasi Audio Dengan Adobe Premiere

Manipulasi Audio Dengan Efek Khusus
Teknik pengolahan video

Pada kesempatan pertemuan kali ini akan menjelaskan pembahasan mata pelajaran teknik pengolahan video pada kelas XII SMK dengan kompetensi keahlian multimedia sesuai kurikulum 2013 revisi. Materi pembelajaran yang sesuai dengan RPP dengan pembahasan yaitu: Pengolahan Audio Pada Video dan mencakup 3 pembahasan, yang pertama yaitu : Mengolah Audio Secara Manual, Mengolah Audio dengan Audio Mixer dan Mengolah Efek Video pada Klip Video.

Mengolah Audio Secara Manual

Pengertian Audio adalah Suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. Agar dapat tertangkap telinga manusia, getaran tersebut harus cukup kuat yaitu minimal 20 kali per detik. Jika kurang dari jumlah itu, telinga manusia tidak akan mendengarnya sebagai suatu bunyi. Banyaknya getaran suatu benda diukur dengan satuan cycles per second atau cps. Pengukuran ini juga dikenal dengan sebutan Hertz (disingkat Hz). Daya tangkap pendengaran manusia secara teoritis adalah mulai dari 20Hz sampai 20 kHz. 

Dalam pembuatan video atau film tak bisa terlepas dari adanya Audio. Salah satu yang bisa mempengaruhi ekspresi peminatnya adalah Backsound atau yang lebih dikenal dengan Background Music.

Audio yang tertata rapi dan bagus bisa membantu tampilan video kita semakin maksimal. Suara yang ada pada video mampu mempengaruhi emosi para penikmat video maupun film. Oleh sebab itu penting bagi kita yang sedang mengedit video untuk memperhatikan besar kecilnya suara yang dihasilkan oleh video.

Ada 2 cara mengatur audio pada video dengan adobe premier, yaitu:

1. Menggunakan Audio Gain
2. Menggunakan Keyframe pada Timeline

Langkah Penggunaan Audio Gain

  • Langkah pertama jalankan adobe premiere, lalu import videonya: lalu klik KANAN pada  video di timeline, pilih Audio Gain.


  • Selanjutnya ubahlah besaran pada dB (desibel). Perlu kita ketahui juga bahwa dB adalah satuan yang digunakan untuk mengukur intensitas suara. Jika semakin tinggi db maka akan semakin keras juga suara yang dihasilkan kemudian jika sudah lalu klik OK.

Langkah Menggunakan Keyframe pada Timeline

  • Setelah video sudah diimport ke timeline, lalu klik audio pada timeline, dan kemudian tarik kebawah atau ke atas pada garis kuning pada audio.

Langkah selengkapnya:

Klik tanda panah di sebelah kiri tulisan Audio 1.


Tentukan tinggi/rendahnya audio dengan menggeser keatas/bawah pada garis kuning di audio.



Sekian dulu untuk bahan materi tentang pembahasan mengolah audio secara manual memperbesar dan memperkecil audio pada video.

Selanjutnya akan membahas masalah pembahasan : Mengolah Audio dengan Audio Mixer dan Mengolah Efek Video pada Klip Video.

Posting Komentar untuk "Manipulasi Audio Dengan Adobe Premiere"