Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Driver Perangkat Keras Komputer

 

Driver perangkat keras komputer
Materi Perangkat Keras Komputer

Kebanyakan dari pengguna komputer pastinya sudah paham tentang software komputer dan hardware komputer. Akan tetapi komputer juga membutuhkan driver perangkat keras untuk menghubungkan antara software dengan hardware. Driver perangkat keras merupakan salah satu komponen yang penting karena memiliki fungsi sebagai penghubung sehingga software bisa melakukan kontrol pada perangkat keras komputer.

Komputer itu terdiri dari beberapa perangkat keras (hardware) yang saling terhubung. Bagaimana cara tiap perangkat keras tersebut saling terhubung, Tanpa adanya driver, perangkat keras tidak akan bisa digunakan.

Fungsi dari driver perangkat keras adalah melakukan pengaturan agar perangkat keras bisa dikenali oleh sistem operasi sehingga komputer bisa bekerja secara baik. Arti lain dari driver perangkat keras komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.

Karena setiap alat digunakan dengan cara yang berbeda, driver di dunia nyata seperti buku manual yang berisi panduan bagaimana suatu alat digunakan dan harus dipelajari oleh otak manusia agar bisa menggunakan alat tersebut.

Manusia bisa belajar sendiri,sedangkan komputer tidak jadi agar sistem operasi bisa mengontrol alat yang baru dipasang ke komputer (seperti printer, scanner, VGA, mouse, keyboard) harus diinstall driver driver terlebih dahulu.

Untuk perangkat umum seperti mouse dan keyboard telah disertakan driver di dalam sistem operasi sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual sedangkan untuk perangkat khusus seperti VGA printer dll, biasanya kita harus menginstal manual driver tersebut yang bisa kita download di website resmi vendor.

Pada setiap komputer memiliki berbagai macam driver perangkat keras, namun ada beberapa driver yang wajib kita install terlebih dahulu. 

Driver Perangkat Keras Komputer Sesuai Dengan Fungsinya

1. Driver audio (Sound Card) : 
Komponen ini berhubungan dengan audio (Jack) atau suara pada komputer. jika driver audio tidak terinstall, maka jack speaker tidak dapat dibaca oleh komputer ketika dihubungkan, namun adakalanya suara tidak keluar dari komputer.

2. Driver Bios : 
Komponen ini berhubungan dengan motherboard didalam komputer. biasanya driver ini berfungsi untuk mengenali sistem operasi jenis baru atau hardware-hardware baru yang akan terpasang di motherboard.

3. Driver Chipset : 
Komponen ini berhubungan dengan komponen chip/processor pada motherboard, berfungsi mengenali secara detail jenis, seri, versi, clock dan lain lain pada cpu yang terpasang di motherboard

4. Driver Graphics (VGA) : 
Komponen ini berhubungan dengan visual atau grapich (GPU) pada tampilan monitor komputer. jika driver VGA tidak terinstall maka tampilan komputer akan tampak besar-besar dan ada beberapa software yang tidak dapat diinstall seperti microsoft office, pemutar video dan lain-lain

5. Driver Keyboard : 
Komponen ini berhubungan dengan kinerja keyboard. mengenali jumlah huruf, angka, posisi tombol dan sebagainya

6. Driver Mouse : 
Komponen ini berhubungan dengan mouse atau track pad. driver berfungsi mengenali mouse, jumlah klik, gerakan atas bawah dan kiri kanan.

7. Driver Storage : 
Komponen ini berhubungan dengan alat penyimpan data seperti harddisk, sata, ata dan lain sebagainya.

8. Driver Webcam : 
Komponen ini berhubungan dengan kamera web yang terdapat di laptop/komputer

9. Driver Network : 
Komponen ini berhubungan dengan koneksi ke internet. misalnya mengenali port LAN Onboard pada keyboard atau LAN Eksternal.

Mendapatkan Driver Perangkat Keras Komputer

Jika kita bekerja sebagai teknisi komputer tentunya sudah pasti paham bagaimana mendapatkan driver perangkat keras komputer, namun jika kita masih belajar masalah instalasi komputer, maka kita sedikit bingung dengan hal apa saja yang harus di persiapkan dan dimana kita mendapatkan driver perangkat keras komputer, maka dari itu sedikit penjelasan dimana kita untuk mendapat driver komputer:

Untuk software driver sebenarnya berbentuk seperti aplikasi biasa. Jika pada windows maka software ini akan berwujud file .exe Dan seperti software pada umumnya, driver software juga memiliki versi dan tipenya. Meski sama hardwarenya bukan berarti sama drivernya. Oleh sebab itu kesalahan memilih driver juga bisa membuat instalasi gagal.

Secara umum, kita bisa mendapatkan software ini gratis ketika kita membeli hardware. Untuk hardware seperti modem, dan webcam biasanya file sudah berada didalam hardware dan otomatis muncl ketika kita pertama kali menghubungkan hardware.

Tapi, selain itu ada tempat lain untuk mendapatkan software ini. Secara umum ada dua cara yakni;

1. Pada CD/Hardware langsung

Yang paling umum, kita akan mendapatkan software ini gratis ketika kita membeli hardware. Seperti penjelasan diatas ada yang terletak didalam hardware langsung, ada puka yang disediakan pada sebuah CD. Driver yang berasal dari CD original ini adalah cara paling, cepat, tepat dan aman untuk mendapatkan driver yang kompatibel dengan hardware.

2. Download di situs resmi

Untuk hardware tertentu, biasanya memiliki software driver yang dilepas pada situs mereka. Hal ini tentu lebih efektif karena para developer tak perlu repot mengcopy driver ke CD satu persatu sehingga harga hardware juga bisa lebih murah.

Namun, kita perlu koneksi internet untuk mendownload driver tersebut yang besarnya beragam. Bisa dalam hitungan MB maupun GB. Cara ini banyak dipakai pada perusahaan hardware besar yang memiliki rentan update software yang tinggi. Inu juga memungkinkan anda melakukan upgrade terhadap hardware yang anda pakai.

Nah untuk bisa instal driver secara otomatis, kita harus terlebih dahulu memiliki software driver khusus untuk instalasi driver. Pilihan instal driver secara otomatis banyak dipilih pengguna karena lebih efisien dan simple. Karena itulah, saya akan jelaskan beberapa software untuk instalasi driver secara otomatis.

1. DriverPack Solution

Software untuk instalasi driver secara otomatis yang pertama adalah Driver Pack Solution. Software karya Artur Kuzyakov bisa kamu gunakan untuk instal driver dengan sangat mudah dan kerap menjadi pilihan terbaik.

Cara kerja software ini langsung bisa kamu rasakan setelah kamu menginstal software. Begitu software selesai kamu instal, software akan langsung menganalisa dan memberikan opsi terbaik mana driver yang dibutuhkan komputer kamu. dengan kemampuan Machine Learning yang bisa menginstal driver secara otomatis, tentu menjadi alasan nya software Driver Pack Solution ini menjadi pilihan terbaik.

2. Driver Booster

Selain mengupdate driver, Driver Booster juga dibekali kemampuan untuk meningkatkan performa hardware komputer kamu. sehingga tak salah bila software yang bisa digunakan untuk instal driver otomatis ini banyak menjadi pilihan para pecinta game. Sebab sofwate ini bisa melakukan Tweaking untuk keperluan game. Ia juga bisa uninstall driver lama dan menggantinya dengan yang baru.

3. DriverMax

Jika kamu ingin software instal driver yang sederhana, maka DriverMax bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada intinya, driver ini bisa kamu gunakan untuk instal driver secara otomatis tanpa perlu repot-repot satu persatu cari driver yang tepat.

4. Driver Easy

Terakhir, kita juga bisa gunakan Driver Easy yang juga menjadi software untuk instal driver secara otomatis. Uniknya software ini bisa bekerja seperti sebuah antivirus. Tetapi di scan adalah daftar driver yang perlu update.

Posting Komentar untuk "Driver Perangkat Keras Komputer"