Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instalasi Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara Instalasi Windows 10 Menggunakan Flashdisk
Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Jika kita ingin melakukan instalasi windows 10 dengan menggunakan flashdisk, terlebih dahulu kita harus menjadikan flashdisk itu menjadi bootable yang artinya flashdisk sudah dimasukkan file master windows. Ada banyak aplikasi atau program yang bisa kita gunakan untuk menjadikan flashdisk sudah bootable, tapi program yang paling saya rekomendasikan adalah Rufus.

Jika tanpa menggunakan program pihak ketiga atau menggunakan aplikasi, juga bisa membootable flashdisk dengan menggunakan tool CMD dari windows. Tapi tentu saja, untuk orang awam di dunia komputer sangat tidak disarankan untuk menggunakannya. Kalau ada program yang lebih simpel, kenapa menggunakan yang lebih ribet, betul kan?

Langkah pertama yang dipersiapkan sebelum instalasi windoes 10 dengan flashdisk.

Menyiapkan dulu flashdisk berukuran minimal 4GB (8GB sangat disarankan), Dan yang kedua adalah, kita harus mempunyai file ISO windowsnya. jika belum punya, silahkan download dulu di google.com atau minta copy dengan teman.

Sebenarnya berapa besar ukuran flashdisk bergantung pada ukuran file ISO-nya. Misalkan file ISO-nya berukuran 3GB, tentu saja flashdisk 4GB sudah lebih dari cukup. Dan jika file ISO-nya lebih dari 4GB, sudah pasti anda harus menyiapkan flashdisk berukuran 8GB.

Setelah persiapan dan perlengkan sudah selesai, maka selanjutnya kita lakukan bootable flashdisk atau memasukkan file ISO Windows yang sudah di download atau minta copy dengan teman tadi.

Lalu bagaimana cara memasukkan file ISO windows ke dalam flashdisk atau bootable..?

  • Pertama-tama anda harus menginstall Rufus terlebih dahulu. Filenya bisa anda download disini.
  • Masukkan flashdisk ke laptop atau PC, kemudian buka program Rufus. Flashdisk anda akan otomatis terdeteksi. Setelah itu, klik tombol DVD drive seperti yang telah saya beri panah.
  • Cari lokasi file ISO windows 10 nya, kemudian pilih Open. Pastikan filenya berformat ISO bukan yang lain.

  • Flashdisk sudah siap dibootable. Anda juga bisa mengubah nama flashdisknya jika perlu pada New volume label. Untuk pengaturan lainnya tidak perlu diubah, biarkan default. Kemudian pilih Start untuk memulai proses pemindahan file ISO ke flashdisk.

  • Anda akan mendapat notif yang berisi, bahwa semua data yang terdapat pada flashdisk akan dihapus. Jadi pastikan terlebih dahulu jika data penting anda pada flashdisk sudah dipindah. Jika sudah, pilih OK.
  • Proses pemindahan file berlangsung. Proses ini memakan waktu beberapa menit saja.
  • Jika progress sudah penuh, maka flashdisk sudah siap digunakan untuk instalasi windows 10.

Langkah selanjutnya proses instalasi windows

langkah instalasi windows yang pertama adalah colokan flashdisk ke komputer yang ingin kita Instal Windows 10, jangan lupa setting BIOS, Untuk masuk BIOS, kita bisa menekan tombol DEL, F2 atau semacamnya, karena beda jenis beda pula tombolnya. Lalu ubah Boot Device Priority-nya menjadi USB HDD/Flashdisk.

Note:* Jika langkah pengerjaan benar, maka seharusnya komputer dapat mendeteksi adanya Bootable USB yang berisikan Windows 10 Technical Preview tadi. Jika muncul tampilan seperti ini, Klik "Next".


Klik install
Selanjutnya, Klik Install Now.


Sampai disini kita akan diberi 2 pilihan. Karena kita ingin menginstall Windows 10 dari awal, maka yang harus dipilih adalah yang Custom: Install Windows only (Advanced)


Selanjutnya adalah pemilihan partisi Hardisk, jika kamu tidak ingin membuat partisi, silahkan langsung klik tombol Next. Atau jika ingin membuat partisi baru, semisal Local Disk D atau Local Disk E, klik tombol New, lalu tentukan size-nya.

Note: Ketika sudah Install Windows, kita juga bisa hapus atau tambah partisinya.


Windows akan Restart

Ini adalah bagian yang paling lama, silahkan tunggu 20 - 60 menit, biasanya ditengah jalan Windows akan melakukan Restart dengan sendirinya.

PERHATIAN: Harap cabut Flashdisk kamu ketika Proses "Getting files ready for installation" telah selesai atau mencapai 100%. * Hal ini dimaksudkan agar ketika Restart, Komputer tidak melakukan Booting dari awal lagi.


Klik tombol use express settings
Setelah sabar menunggu, harusnya tampilan ini akan muncul jika instalasi berjalan dengan mulus. Sampai disini, saya lebih menyarankan kamu untuk meng-klik tombol "Use express settings".


Login akun Microsoft
Sampai disini kamu akan ditanyakan untuk Login menggunakan akun Microsoft. Jika tidak punya, klik saja Don't have an account?


Pada tampilan berikut adalah bagian uniknya. Jika kamu login menggunakan akun Microsoft, dan akun kamu itu sudah pernah digunakan di Windows 8 atau Windows 8.1, maka akan muncul pertanyaan, apakah kamu ingin menyinkronasikan data, konfigurasi pengaturan, dll kedalam Windows 10 ini?


Selesai klik next, maka cara instalasi windows 10 selesai...

Pada dasarnya, Proses instalasi Windows 10 tidak jauh berbeda dengan Windows 7 ataupun Windows 8, sekilas yang membedakan hanya tampilan dan beberapa fitur tambahan didalamnya.

Jika kamu masih ada bingung tentang Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk, jangan sungkan untuk tulis di kotak komentar ya.

Posting Komentar untuk "Cara Instalasi Windows 10 Menggunakan Flashdisk"