50 Contoh Soal UAS/PAS Multimedia Kelas 11 - Soal ini merupakan kumpulan soal multimedia. Soal ini terdiri dari 50 soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban a,b,c,d, dan e. Soal multimedia dapat digunakan sebagai soal ulangan harian, soal ulangan akhir sekolah (UAS), soal penilaian akhir semester, soal penilaian akhir tahun, soal produktif atau teori kejuruan multimedia, soal penilaian akhir sekolah multimedia.
Soal produktif atau soal teori kejuruan multimedia ini menggunakan kurikulum 2013 revisi. Kompetensi dasar yang digunakan pada soal ini sudah mengacu kurikulum 2013 revisi. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan soal produktif multimedia atau soal teori kejuruan multimedia.
sebagai latihan dan referensi bagi guru untuk persiapan ujian di sekolah, agar lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai soal produktif multimedia.
1. Komunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se’efektif mungkin, disebut..........
a. Design grafis
b. Estetika
c. Ilustrasi
d. Multimedia
e. Sketsa
Jawaban: a.Design grafis
2. Sudut pandang pengambilan gambar yang dapat di lihat dari viewfinder pada sebuah kamera,disebut.........
a. Komposisi
b. Ligting
c. Angle
d. Posisi
e. Log
Jawaban: c.Angle
3. Yang di butuhkan dalam membuat sebuah iklan pemasaran di televisi,kecuali..........
a. Video
b. Filem
c. Text
d. Gerafik
e. Animasi
Jawaban: c.Text
4. Orang yang bertugas mempersiapkan dan menyetel semua peralatan yang di gunakan,adalah..........
a. Asisten produksi
b. Teknisi audio
c. Direktur seni
d. Director teknis
e. Peroduser
Jawaban: d.Director teknis
5. Tehnik menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang opjek sehingga tampak 3D,adalah.........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Dusel
e. Linear
Jawaban: b.Arsir
6. Dimensi mengenai derajat gelap terang warna atau muda tuanya warna disebut..........
a. Tont
b. Shade
c. Value
d. Hue
e. Tint
Jawaban: c.Value
7. Kuat lemahnya warna atau cerah lembutnya warna,disebut..........
a. Tont
b. Hue
c. Value
d. Interval
e. Chrome
Jawaban: e.Chrome
8. Dua cara untuk menghemat ruang hardisk dalam menyimpan gambar, yaitu.........
a. Lossy dan lossless
b. Zoom size
c. Piktograf dan toporafi
d. Bitmap dan vektor
e. Ekstensi dan format
Jawaban: e.Ekstensi dan format
9. Perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat animasi 3D, adalah..........
a. Coreldrow
b. Shop pro
c. 3D studio max
d. Adobe photoshop
e. Delphi
Jawaban: c.3D studio max
10. Menggambar bentik dapat di artikan sebagai suatu susunan opjek gambar adalah pengertian dari..........
a. Gelap-terang
b. Bayang-bayang
c. respektif
d. Block
e. Komposisi
Jawaban: e.Komposisi
11. Garis cakrawala yang memiliki posisi tinggi mata, adalah.........
a. Horizon
b. Titik lenyap
c. Bitmap
d. Vektor
e. Garis vertikal
Jawaban: a.Horizon
12. Tehnik yang menghasilkan gambar rekontruksi yang sama dengan gambar yang aslinya, disebut.........
a. Lukis
b. Bitmap
c. Vektor
d. lossless
e. lossy
Jawaban: d.lossless
13.Untuk melihat jenis aplikasi yang di pakai file dapat di lihat dari.........
a. Ukuran file
b. jenis file
c. Semua jawaban benar
d. Media penyimpanan
e. Format file
Jawaban: e.Format file
14.Kepanjangan dari TIF yang paling tepat adalah.........
a. Tagged image format file
b. Tagged imsge for file
c. Targa image format file
d. Targa image for file
e. Tagged image form file
Jawaban: a.Tagged image format file
15. Sudut pandang yang biasanya digunakan untuk mengambarkan ruang luas/eksterior, adalah..........
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. prespektif 3 titik hilang
d. Tutuk lenyap
e. Garis vertikal
Jawaban: b.Prespektif 2 titik hilang
16. Model warna berbasis pengurangan warna berbasis pengurangan sebuah gelombang cahaya umumnya pergunakan dalam dunia percetakan, adalah
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. HUE
e. VALUE
Jawaban: b.CMYK
17.Cara menggambar dengan meniru opjek dan mengutamakan kemiripan rupa,adalah..........
a. Gambar bentuk
b. Gambar bebas
c. prespektif
d. Bentuk silindris
e. Bentuk kobistis
Jawaban: a.Gambar bentuk
18.Perubahan ukuran gambar mempengaruhi kualitas gambar. merupakan kekurangan dari gambar.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Lukis
d. lossless
e. ossy
Jawaban: b.Bitmap
19.Sudut pandang yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya, adalah..........
a. Mata burung
b. Mata manusia
c. Mata barung
d. Mata cacing
e. Jawaban
Jawaban: b.Mata manusia
20.Berikut ini yang merupakan gambar kubistis, kecuali.........
a. Meja
b. Lmari
c. Kardus
d. Pintu
e. Piring
Jawaban: e.Pairing
21.Warna yang dapat menggambarkan alam, lingkungan, kesehatan, dan kesuburan adalah.........
a. Hitam
b. Kuning
c. Magenta
d. Hijau
e. Biru
Jawaban: d.Hijau
22.Yang termasuk dalam warna substractive, adalah.........
a. CMY
b. CMYK
c. RGB
d. Hue
e. Value
Jawaban: a.CMY
23.Tools Cprel Drow yang di gunakan untuk memilih opjek dan mengubah ukuran opjek, adalah........
a. Diagram conect
b. Rectenggle and square
c. Bezire tool
d. pick tool
e. freehand tool
Jawaban: d.pick tool
24.Tenik menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuat tipis sehingga hasilnya tampak transparan, disebut........
a. Block
b. Arsir
c. Pointilis
d. Linier
e. Aquarel
Jawaban: e.Aquarel
25.Perbedaan iklan di televisi dan di koran terletak pada..........
a. Tujuan
b. Audeo
c. Grafis
d. Texs
e. Image
Jawaban: c.Grafis
26.Perhatikan pernyataan di bahaw ini........
1. Bersifat scalable
2. Memiliki warna yang solit
3. memiliki ukuran file yang kecil
4. Perubahan ukuran mempengaruhi kualitas gambar
5. Cocok untuk gambar seperti kartun dan logo
Dari pernyataan di atas yang bukan kelebihan dari gambar vektor, adalah.......
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban: d.4
27.Pencampuran dua warna yaitu cyan dan magenta menghasilkan warna..........
a. Green
b. Gray
c. Red
d. Blue
e. Black
Jawaban: d.Blue
28.Dibawah ini kepanjangan dari JPG yang paling tepat, adalah.........
a. Join Photos Exspert Group
b. Jion Photograpic Exspert Group
c. Join Photograpic Exspert Group
d. Just Photos Exspert Group
e. Just Photograpic Exspert Group
Jawaban: c.Join Photograpic Exspert Group
29.Di bawah ini yang termasuk Hue, adalah.........
a. Blue
b. Keselarasan warna
c. Kesatuan warnad.value
e. Interval warna
Jawaban: a.Blue
30.Tehnik penggambaran opjek dengan memenuhi warna ke benda yang di jadikan model, disebut........
a. Linier
b. Arsir
c. Block
d. Aquarel
e. Pointilis
Jawaban: c.Block
31.Opjek gambar yang di bentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis, disebut.........
a. Vektor
b. Bitmap
c. Grafik
d. Lossy
e. Loosless
Jawaban: a.Vektor
32. Sudut pandang yang hanya di pakai untuk menggambar sesuatu yang sangan luas, besar dan tinggi, adalah
a. Prespektif 1 titik hilang
b. Prespektif 2 titik hilang
c. Prespektif 3 titik hilang
d. Prespektif 4 titik hilang
e. Prespektif 5 titik hilang
Jawaban: c.Prespektif 3 titik hilang
33. Warna substraktif adalah warna yang berasal dari.........
a. Tanah
b. Dedaunan
c. Pigmen
d. Cahaya
e. Lumpur
Jawaban: c.Pigmen
34. Tampilan permukaan dari suatu benda yang dapat di nilai dengan cara dilihat atau diraba, disebut.........
a. Bentuk
b. Ruang
c. Tekstur
d. Warna
e. Ukuran
Jawaban: c.Tekstur
35.Cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan di sebut tehnik..........
a. Linier
b. Block
c. Arsir
d. Pointilis
e. Dusel
Jawaban: a.Linear
36.Berikut ini yang merupakan warna represntasi dari alam, adalah..........
a. Warna merah menggambarkan keberanian
b. Warna hijau menggambarkan daun
c. Warna kuning menggantikan makna hati-hati
d. Warna hijau berarti jalan
e. Semua jawaban benar
Jawaban: b.Warna hijau menggambarkan daun
37.Berikut ini merupakan perinsip-perinsip seni rupa. kecuali.........
a. Prespektif
b. Proporsi
c. Komposisi
d. Angle
e. Shadow
Jawaban: d.Angle
38.Tools corel drow yang di gunakan untuk mewarnai bidang opjek, adalah.........
a. Diagram connect
b. Hand tool
c. Bezire tool
d. Pick tool
e. Fill tool
Jawaban: e.Fill tool
39.Menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dan bentuk-bentuk visual secara jelas, merupakan fungsi dari..........
a. Warna
b. Value
c. Design grafis
d. Bentuk
e. Photograph
Jawaban: a.Warna
40.Berikut pernyataan yang benar mengenai warna, adalah.........
a.Warna terlihat karena adanya cahaya yang memantul pada retina mata
b.Warna dapat di pakasi sebagai komunikasi dan exspresi
c.Wrna dapat di gunakan sebagai sarana untuk mempertegas pesan/tujuan dari sebuah karya desain
d.Jawaban a, b. c salah
e.Jawaban a, b, c benar
Jawaban: e.Jawaban a, b, c benar
41.Kepanjangan dari warna RGB, adalah..........
a. Red Green Blue
b. Red Gray Blue
c. semua jawaban benar
d. Red Green Black
e. Red Grean Blue
Jawaban: a.Red Green Blue
42.Pengunaan berbagai media yang berbeda untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, video, adalah..........
a. Multimedia
b. Estetika
c. Seni
d. Sketsa
e. Media masa
Jawaban: a.Multimedia
43.Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai bitmap, kecuali.........
a. Mampu menangkap nuansa warna dengan bentuk yang natural
b. Perubahan ukuran mempenaruhi kualitas gambar
c. Kompres gambar mempengaruhi kualitas gambar
d. Mempunyai warna yang solit cocok untuk gambar yang sederhana
e. Ukuran file relatif besar
Jawaban: D
44.Pada warna sebagai alat, serta sarana dan media komunikasi, warna putih berarti..........
a. Kesucian
b. Kebersihan
c. Kebaikan
d. Kesucian
e. Semua jawaban benar
Jawaban: e.Semua jawaban benar
45.Model warna yang digunakan dalam percetakan berwarna sehingga menghasilkan gambar yang relatif sempurna, adalah.........
a. Merah, kuning, dan hijau
b. Merah, hitam, biru dan putih
c. Hitam, putih dan unggu
d. Cyan, magenta, yellow, black
e. Cyan, magenta dan yellow
Jawaban: d.Cyan, magenta, yellow, black
46.Warna berikut Merah, Kuning, Hijau Laut dan Biru adalah warna perimer dari sistem warna..........
a. Substracctive color system
b. Ostwold color system
c. CMYK
d. CMY
e. Goethe weihgted color syistem
Jawaban: b.Ostwold color system
47.Gabungan warna cyan, magenta dan yellow, menghasilkan warna.........
a. Warna black
b. Warna blue
c. Warna green
d. Warna red
e. Warna unggu
Jawaban: a.Warna black
48.Membuat gambar bentuk merupakan cara menggambar opjek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, adalah..........
a. Tehnik linier
b. Tehnik Block
c. Tehnik Arsir
d. Tehnik Pointilis
e. Ttehnik Dussel
Jawaban: a.Tehnik linier
49.Media yang di gunakan untuk multimedia conten production, kecuali........
a. Media teks
b. Media audeo
c. Media gambar
d. Media animasi
e. Media komunikasi
Jawaban: e.Media komunikasi
50.Berikut ini merupakan fungsi dari gambar sketsa, kecuali.........
a.Untuk memberikan gambaran tema
b.Meminimalisir kesalahan
c.Mempertajam pengamatan
d.Mempermudah hasil akhir
e.Meningkatkan kemampuan keterampislan tanggan
Jawaban: e.Meningkatkan kemampuan keterampislan tanggan
Posting Komentar untuk "50 Contoh Soal UAS/PAS Multimedia Kelas 11"