Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pengkabelan Copper

Materi Pengkabelan Copper

Materi Pengkabelan Copper, Kabel jaringan merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan komputer agar setiap komputer yang tergabung bisa saling berkomunikasi. Selain menggunakan kabel, terdapat juga media transmisi yang tidak menggunakan kabel yaitu dengan sebutan wireless.

Dibandingkan media tanpa kabel, media kabel lebih mempunyai kecepatan dan stabilitas yg tinggi dan jangkauan lebih jauh. Ada tiga jenis kabel yg dipergunakan dalam media komunikasi via Kabel, yaitu Coaxial, Twisted Pair, dan Fiber Optik.

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial artinya jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana yang satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau frekuwensi listrik dari sumbernya menuju ke tujuan.

Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. 

Saat ini kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port buat konektor BNC yg dipakai sudah sporadis ditemukan di perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch serta router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membentuk atau memasang konektor.


Kabel Coaxial
Bagian kabel coaxial sebagai berikut:
  • Outer Jacket : Isolator luar yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. 
  • Barided Copper Shielding : Pelindung yang merupakan serabut kabel terpilin bersilang yang berfungsi mengantisipasi frekuensi listrik yang tidak diinginkan. 
  • Plastic Insulation : Isolator dalam yang merupakan kulit pelapis kabel konduktor. 
  • Copper Cunductor : Konduktor merupakan inti kabel tunggal atau serabut yang berfungsi sebagai medium transmisi data.

2. Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted pair adalah kabel yang digunakan untuk melakukan transmisi paket data kesebuah jaringan dimana bentuk fisik kabel ini memiliki pasangan kabel yang berbelit-belit satu sama lainnya. Kabel ini juga memiliki pelindung disisi luarnya guna untuk melindungi kabel tersebut dari gangguan yang menyebabkan kabel itu rusak, artinya kabel yang terlilit satu sama lain itu dijadikan satu dengan cara dibungkus dalam sebuah pelindung yang lebih keras.Masing-masing kabel diberi warna yang berbeda satu dengan yang lainnya guna memudahkan kita dalam proses memasang kabel kedalam konektor. Twisted pair terbagi menjadi dua jenis kabel yaitu:

Shielded Twisted Pair (STP) Kabel jaringan STP terdapat 4 pasang atau lebih kawat tembaga, yang dibagi menjadi beberapa pasang, lalu dipilin menjadi satu, dan dibagian luarnya lagi terdapat banyak lapisan pelindung diantaranya berupa alumunium foil Shielding, Braided Shielding, Insulator, dan Cable Jacket. Dan masing-masing pelindung memiliki fungsinya masing-masing.

Unsielded Twisted Pair (UTP) jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik yang terbungkus dengan bahan isolasi dan dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP terdiri dari 4 pasang kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda. Kabel UTP berfungsi sebagai salah satu kabel penghubung atau bertukar data antara jaringan-jaringan komputer baik itu jaringan komputer berbasis lokal LAN (Local Area Network) di dalam suatu sistem network atau jaringan komputer.

3. Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh fiber optik ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan kabel STP dan UTP.



Bagian kabel fiber optik sebagai berikut:
  • Pelindung kabel yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel. 
  • Pelindung fiber berfungsi menjaga kabel dari benturan keras. 
  • Lapisan plastik berfungsi menjaga kabel dari tekukan. 
  • Lapisan tipis berfungsi sebagai pembatas yang memuat gelombang cahaya sehingga data dapat ditransmisikan. 
  • Fisik medium utama berfungsi sebagai medium transmisi data.

Sekian untuk beberapa jenis kabel jaringan komputer pada materi komputer dan jaringan dasar semester 2 kurikulum K13 Revisi yaitu Pengkabelan (Copper) 

Posting Komentar untuk "Materi Pengkabelan Copper"