Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instalasi LARAGON

Cara Instalasi LARAGON
LARAGON

Laragon adalah universal development environment portabel, terisolasi, cepat & kuat untuk PHP, Node.js, Python, Java, Go, Ruby. Aplikasi ini cepat, ringan dan mudah digunakan. Apliikasi ini juga sangat bagus untuk membangun dan mengelola aplikasi web modern. Ini berfokus pada kinerja yang dirancang dengan stabilitas, kesederhanaan, fleksibilitas, dan kebebasan.

Pengembangan aplikasi Web menggunakan bahasa PHP mengalami perkembangan yang cukup pesat. Aplikasi seperti XAMPP tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan programmer web untuk pembuatan aplikasi web yang kompleks.

Maka, muncul Laragon, sebuah aplikasi web server, database server dan PHP intepreter yang dapat dipasang didalam komputer Windows 10 dan bekerja selayaknya server sungguhan.

Core binary itu sendiri kurang dari 2MB dan menggunakan kurang dari 4MB RAM saat berjalan. Aplikasi ini tidak menggunakan layanan Windows. Ia memiliki layanannya sendiri yaitu service orchestration yang mengelola secara asynchronously and non-blocking sehingga Kamu akan menemukan segalanya berjalan cepat & lancar dengan Laragon.

Fitur – Fitur Laragon

Inilah beberapa fitur yang ada didalamnya

Pretty URL’s

Jika Kamu menggunakan aplikasi ini maka Kamu dapat mengakses project website melalui app.test sebagai ganti localhost/app.

Portable

Kamu bisa memindahkan folder Laragon (ke disk lain, ke laptop lain, menyinkronkan ke Cloud, …) tanpa perlu khawatir merusak sistem.

Isolated

Laragon memiliki lingkungan yang terisolasi dengan OS Kamu. Ini akan menjaga sistem Kamu tetap bersih.

Easy Operation

Tidak seperti orang lain yang melakukan konfigurasi untuk Kamu, aplikasi ini akan mengotomatiskan banyak konfigurasi hal yang rumit. Itu sebabnya Kamu dapat menambahkan versi lain dari PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL dan MongoDB dengan mudah.

Modern & Powerful

Aplikasi ini  sangat Modern & Powerful, hadir dengan arsitek modern yang cocok untuk membangun aplikasi web modern. Kamu dapat menggunakan Apache & Nginx sekaligus karena sepenuhnya dikelola. Laragon juga membuat segalanya jauh lebih mudah.

Langkah menginstall LARAGON untuk pengembangan aplikasi berbasis web

Alat dan bahan

Komputer

Download Laragon 

Aplikasi notepad++ atau Visual studio Code

Prasyarat

Menguasai kompetensi dasar 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer

Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu download terlebih dahulu aplikasinya. Kamu bisa mengunduh file installer nya di https://laragon.org/download/. Setelah itu pilih yang Full saja.

1. Setelah installer Laragon terunduh, klik 2x installer tersebut dan Laragon akan mulai berjalan memasang aplikasi pada komputer kalian masing-masing.

2. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi LARAGON 

Cara Instalasi LARAGON

Pilih bahasa, Klik Next

3. Secara default LARAGON memilih lokasi folder instalasi di C:\LARAGON.

4. Klik Next untuk melanjutkan. Ceklist pada komponen yang akan ikut diinstall

Cara Instalasi LARAGON

5. Setelah itu, Laragon siap diinstall

6. Tunggu prosesnya hingga selesai. Restart komputer jika diperlukan.

Cara Instalasi LARAGON

7. Klik Start WINDOWS -> Klik Laragon App

8. Muncul windows untuk aplikasi LARAGON. Klik tombol Start All untuk memulai server Apache dan MySQL.

Cara Instalasi LARAGON

Jika ada peringatan Apache dan MySQL meminta ijin Firewall akses, klik tombol Allow access. Jangan lupa ceklist private network karena jaringan ini dipakai untuk kepentingan lokal saja.

Cara Instalasi LARAGON

Cara Menyimpan dokumen root / file / script program PHP

1. File html, skrip PHP dan bahasa skrip lainnya seperti CSS, Javascript secara default di simpan di folder C:\Laragon\www

2. Jika pada saat proses instalasi kalian memilih drive yang berbeda, tinggal sesuaikan saja

Latihan menjalankan Laragon

Ketik skrip dibawah ini menggunakan notepad atau jika ada Visual Studio Code lebih baik.
<?php
echo "Hello world";
?>
Simpan dengan nama latihan1.php di dalam folder C:\Laragon\www\

Buka browser seperti Chrome atau mozilla, kemudian ketik di kotak URL localhost/latihan1.php dan enter,Jika tampil pada browser seperti ini,

Cara Instalasi LARAGON

Maka skrip PHP anda sudah berhasil dieksekusi dan dijalankan oleh server Laragon

Posting Komentar untuk "Cara Instalasi LARAGON"