Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi PAI Kelas 1 SD Bab 2 Rukun Iman

 

Materi PAI Kelas 1 SD Bab 2 Rukun Iman

Kita sebagai manusia yang beriman haruslah percaya pernyataan di atas. Allah SWT adalah dzat yang mengawasi semua yang kita kita lakukan. Apabila kita meyakini dan mengimani pernyataan di atas, maka itulah yang disebut dengan Iman. Manusia yang beriman harus mempercayai rukun iman yang enam yaitu: percaya kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, kiamat, dan qada qadarMateri PAI Kelas 1 SD Bab 2 Rukun Iman - Allah Subhanahu wataala adalah dzat yang menciptakan semua makhluk. Allah SWT dzat yang menciptakan manusia dan segala yang ada di langit dan di bumi. Allah menciptakan bumi, gunung, laut, matahari, hewan, manusia, pohon dan lain-lain. 

Definisi dari rukun iman adalah meyakini bahwa Nabi dan Rasul merupakan utusan Allah SWT diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman kepada manusia di bumi.

Dengan adanya berbagai ajaran agama Islam digunakan untuk mengisi ruang batin manusia dengan kebahagiaan. Namun, pada kenyataannya tetap terjadi kecemasan, ketakutan, kekhawatiran, dan perasaan negatif lainnya. Pada buku Ajaibnya Rukun Iman, Grameds dapat mempelajari bagaimana cara mengubah ketakutan menjadi kejutan yang membahagiakan.

Mengenal dan Menunjukkan Ciptaan Allah SWT.

Siapa yang menciptakan alam semesta dan seluruh isinya?

Allah lah yang menciptakan seluruh alam semesta ini. Sebagai umat Islam kita harus percaya bahwa Allah Swt ada dan pencipta seluruh balam semesta ini. Sebab percaya kepada Allah Swt merupakan salah satu rukun iman.

Apakah iman itu?

Iman secara bahasa berarti percaya atau yakin. Iman tidak hanya percaya dalam hati saja. Iman adalah percaya dalam hati diucapkan dengan lisan dan diamalkan dengan perbuatan. Iman yang diucapkan dengan lisan seperti mengucapkan kalimat tauhid.

“Asyhadu alla ilaha illallah”

Artinya: Saya bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan yang disembah kecuali Allah Swt.

Iman juga harus dibuktikan dengan amal perbuatan seperti melaksanakan salat, puasa, zakat dan yang lainnya. Kita percaya Allah Swt ada walaupun tidak terlihat Allah Swt Maha Esa dan Maha Kuasa. Allah Swt Maha Pencipta alan dan seluruh isinya.

Ciptaan Allah Swt di antaranya:

  1. Bumi 
  2. Hewan
  3. Matahari
  4. Bulan
  5. Langit
  6. Angin
  7. Hujan
  8. Bintang
  9. Tumbuhan

Allah Swt adalah Khalik yang artinya Pencipta. Manusia adalah ciptaan Allah Swt, dunia dan seisinya juga ciptaan Allah Swt. Allah Swt yang menciptakan seluruh alam semesta oleh karena itu kita harus percaya kepada Allah Swt melalui bukti ciptaanNya.

Allah Swt mengatur pergantian siang dan malam. Matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore gari. Matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Allah Swt mengatur alam semesta tanpa bantuan siapa pun. Allah Swt Maha Esa dan tunggal dalam mengurus ciptaanNya.

Allah Swt Maha Kuasadan menguasai alam seisinya. Allah Swt Maha Esa dan tiada sekutu baginya. Allah Swt selalu menambah nikmat orang yang bersyukur. Allah Swt menyiksa orang yang kufur dengan siksaan yang sangat pedih.

6 Rukun Iman

Pokok-pokok keyakinan dalam Islam disebut rukun iman, rukun iman itu ada enam:

  1. Iman kepada Allah SWT.
  2. Iman kepada para Malaikat.
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul.
  5. Iman kepada hari akhir (kiamat)
  6. Iman kepada Qada dan Qadar.

Berikut penjelasan 6 rukun iman kepada Allah SWT: 

 1. Iman kepada Allah Swt

Adanya alam seisinya ini ada yang menciptakan. Allah Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Allah Swt juga Maha Kuasa. Allah Swt berkuasa membuat dan memberi apa saja, memberi kehidupan dan memberi rezki kepada manusia. Kita harus beriman dan bersyukur kepada Allah Swt dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Iman kepada Allah Swt artinya harus percaya adanya Allah Swt.

  1. Allah Swt yang menghidupkan kita
  2. Allah Swt yang memberi rezeki
  3. Allah Swt yang menghidupkan hewan
  4. Allah Swt yang menghidupkan tumbuhan

2.  Iman kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah percaya adanya malaikat Allah Swt. Malaikat diciptakan oleh Allah Swt dari cahaya atau nur. Malaikat termasuk makhluk Allah Swt yang gaib atau tidak tampak. Malaikat adalah makhluk Allah Swt yang paling taat. Malaikat tidak pernah membantah perintah Allah Swt. Mereka selalu taat dan patuh kepada perintah Allah Swt. Jumlah malaikat yang harus diyakini ada 10.

Nama-nama malaikat Allah Swt adalah:

  1. Jibril tugasnya menyampaikan wahyu
  2. Mikail tugsnya membagi rezeki dan menurunkan hujan
  3. Israfil tugasnya meniup terompet di hari kiamat
  4. Izrail tugasnya mencabut nyawa
  5. Rakib tugasnya mencatat amal kebaikan
  6. Atid tugasnya mencatat amal keburukan
  7. Munkar tugasnya menanyai manusia di alam kubur
  8. Nakir tugasnya menanyai manusia di alam kubur
  9. Malik tugasnya menjaga neraka
  10. Ridwan tugasnya menjaga surga
  11. Iman kepada Kitab Allah

Iman kepada kitab Allah Swt merupakan rukun iman yang ketiga, artinya kita harus percaya kepada kitab suci Allah Swt.

Allah Swt menurunkan kitab suci kepada para Nabi dan Rasul. Kita suci berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia . Kitab suci sebagai tanda kenabian dan kerasulan, sekaligus sebagai pedoman hidup manusia.

Kitab suci Allah Swt ada empat yaitu:

  1. Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s
  2. Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s
  3. Injil diturunkan kepadaNabi Isa a.s
  4. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam

Al-Qur’an ditulis dalam huruf Arab

Al-Qur’an merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya

4. Iman kepada Rasul Allah Swt

Rukun iman yang keempat yaitu iman kepada Rasul Allah. Rasul itu manusia utusan Allah Swt. Rasul Allah Swt artinya utusan Allah Swt. Rasul diberikan wahyu oleh Allah Swt. Rasul bertugas mengajarkan wahyu kepada umat manusia. Wahyu itu berisi ajaran agama Allah Swt.

Rasul Allah yang wajib kita percayai ada 25 Rasul. Nabi dan Rasul pertama adalah Adam. Nabi dan Rasul terakhir adalah Muhammad. Agama yang diridai Allah Swtadalah Islam.

5. Iman kepada Hari Kiamat

Rukun iman yang kelima adalah iman kepada hari kiamat. Nama lain hari kiamat adalah hari akhir, yaitu berakhirnya semua kehidupan yang ada di dunia kecuali Allah Swtyang tetap kekal abadi tiada berakhir.

Hari kiamat adalah hari perhitungan. Semua perbuatan manusia akan dihitung. Yang berbuat baik dan beriman akan masuk surga, yang berbuat jahat dan tidak beriman akan masuk neraka.

6.  Iman kepada Qada dan Qadar

Iman kepada Qada dan Qadar adalah rukun iman yang keenam. Qada dan Qadar artinya ketentuan Allah Swt atau takdir Allah Swt. Ketentuan Allah Swt ada yang baik dan ada yang buruk.

Dibawah ini contoh takdir Allah Swt

Ada orang yang kaya dan ada yang miskin

Ada anak yang pandai dan ada yang bodoh

Ada orang yang sehat dan ada yang sakit

Ada orang yang tinggi dan ada yang pendek

Ada orang yang gemukmaupun kurus

Manusia ada yang dilahirkan permepuan ada pula yang dilahirkan laki-laki.

Manusia ada yang hidup ada pula yang mati.

Berikut Contoh Soal PAI Kelas 1 SD BAB 2 Rukun Iman:

Soal PAI Kelas 1 SD BAB 2 Rukun Iman

Soal UAS PAI Kelas 2 SD Semester 1 (Ganjil)

Posting Komentar untuk "Materi PAI Kelas 1 SD Bab 2 Rukun Iman"