Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Komputer dan Jaringan Dasar - Jaringan Komputer Client Server

 

Jaringan Komputer Client Server
Jaringan Client Server

Materi Komputer dan Jaringan Dasar - Jaringan Komputer Client Server. Disaat kita menggunakan jaringan internet untuk kebutuhan browsing dan mengakses halaman Guru Go Blog dikolom pencarian browser google, tanpa kita sadari kita telah mengirimkan sebuah pesan permintaan kepada server yang ada di internet, kemudian server merespon dengan memberikan sebuah hasil dari google berupa tampilan halaman web seperti apa yang kita minta sebagai client. Seperti itulah gambaran dari jaringan client server, kita sebagai client mencari atau meminta kepada google sebagai server.

Untuk dapat kita pahami sistem komputer jaringan client server lebih lengkap, berikut ini akan dibahas mengenai pengertian jaringan client server serta kelebihan dan kekurangan dari jaringan client server.

Maksud dari Jaringan Komputer Client Server

Pada dasarnya client server merupakan konsep arsitektur perangkat lunak atau software yang menghubungkan dua objek berupa sistem client dan sistem server yang saling berkomunikasi melalui jaringan komputer maupun satu komputer yang sama. Server akan menyediakan pengelolaan aplikasi, data dan keamanan data client.

Arsitektur PC pengguna (client) adalah mesin yang meminta sedangkan server adalah mesin penyedia, yang terhubung melalui jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area luas (WAN) seperti Internet.

Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan. Salah satu contoh aplikasi software yang paling sering digunakan untuk meminta dan menerima data pada jaringan adalah web browser, dimana user atau client dapat melakukan request untuk sebuah halaman web, melalui aplikasi web browser. Perangkat lain yang dapat pula dikategorikan sebagai client adalah perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Server merupakan sebuah komputer yang dirancang khusus untuk melayani client dengan memproses request yang telah diterima dari client lalu kemudian mengirimkan kembali respon data kepada client melalui jaringan. Server menyimpan informasi dan data yang kompleks yang mungkin dibutuhkan client, oleh karena itu biasanya server terdiri dari komputer dengan performa yang tinggi baik dari segi pemrosesan maupun dari segi memori, hal tersebut agar server mampu melayani request dari banyak client secara bersamaan.

Pengertian Client Server

Client adalah perangkat keras komputer yang mengakses layanan yang di sediakan oleh server. Sedangkan Server adalah komputer fisik yang disediakan untuk menjalankan layanan untuk melayani kebutuhan komputer lain.

Client - Server adalah pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

Fungsi dari Client Server

Pada fungsi pertukaran akses web, client server berperan sebagai program web browser yang memberikan informasi kepada pengguna atau user di seluruh dunia. Hal ini serupa dengan akses email, database dan sebagainya yang berkaitan dengan jaringan browser. Aplikasi client server membutuhkan laman web dan IP address dari server khusus. Client dapat meminta informasi pada server kapanpun ia mau, karena client adalah pengguna informasi yang ada di server. Proses komunikasi selalu bergerak dua arah, jika client ingin menggunakan informasi maka rute yang dituju selalu pada server. Client tidak bisa berkomunikasi kepada sesama client.

Client biasanya komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi seperti Windows XP, Windows Vista atau Windows 7. Sistem operasi mencakup perangkat lunak client, seperti surat elektronik dan perangkat lunak penelusuran Internet, yang memungkinkan komputer klien untuk mengakses dan berinteraksi dengan sumber daya yang dibagikan server.

Komputer client hanya berkomunikasi secara langsung dengan server, bukan client atau antara komputer lain. Namun, mampu mengolah informasi dalam dirinya sendiri, fakta yang membedakannya dari terminal yang digunakan dalam sistem komputasi mainframe terpusat.

Sedangkan Fungsi server komputer adalah untuk menyimpan, mengambil dan mengirim file dan data komputer ke komputer lain di jaringan. Misalkan jaringan komputer di seluruh dunia yang dikenal sebagai Internet bergantung pada jumlah besar server yang berlokasi di seluruh dunia.

File, data, dan fungsionalitas situs web yang diberikan didasarkan pada server. Server memiliki daya pemrosesan, memori, dan penyimpanan yang lebih banyak daripada komputer client mereka. Client adalah komputer yang tidak bertindak sebagai server dan meminta informasi dari server.

Ketika komputer terhubung dengan cara fisik atau nirkabel dan berbagi layanan atau informasi, ini disebut sebagai jaringan komputer. Jaringan komputer membutuhkan setidaknya dua komputer, dengan satu dari mereka bertindak sebagai klien dan satu bertindak sebagai server.

Banyak sistem menggunakan model jaringan client server ini, termasuk situs web dan layanan email. Model alternatif, jaringan peer-to-peer, memungkinkan semua komputer bertindak sebagai server atau klien. Persyaratan perangkat keras untuk server bervariasi tergantung pada aplikasi server dan jumlah client.

Server membutuhkan catu daya yang stabil, akses Internet yang baik, dan keamanan yang ditingkatkan, sehingga server biasanya disimpan di ruang atau pusat server khusus.

Server berjalan untuk waktu yang lama tanpa gangguan, sehingga keandalan dan daya tahan perangkat keras sangat penting.

Cara Kerja Jaringan Komputer Client Server

Secara umum, semua mesin di Internet dapat dikategorikan sebagai dua jenis yaitu server dan client. Mesin-mesin yang menyediakan layanan (seperti server Web atau server FTP) ke mesin lain adalah server. Mesin yang dipakai agar dapat terhubung ke layanan tersebut adalah client..

Untuk sebuah mesin untuk menjadi server dan client, tetapi untuk tujuan kami di sini Anda dapat menganggap sebagian besar mesin sebagai satu atau yang lain.

Sistem Client dan Server berjalan setidaknya pada dua sistem komputer yang berbeda. Biasanya sebuah server melayani beberapa komputer client, walaupun mungkin ada juga yang hanya melayani 1 client saja itu yang dinamakan peer to peer atau point to point.

Client merupakan sebuah komputer desktop yang terhubung ke jaringan. Apabila pemakai ingin mengakses informasi, bagian aplikasi client mengeluarkan permintaan yang dikirimkan melalui jaringan kepada server, server kemudian menjalankan permintaan dan mengirimkan informasi kembali kepada client.

Proses server berperan sebagai aplikasi yang mengelola sumber daya milik bersama seperti database, printer atau jalur komunikasi, sedangkan proses client meliputi program-program untuk mengirimkan pesan permintaan pada server serta melakukan pengaksesan pada data seperti mengedit, menghapus atau menambah data.

Kekurangan dan Kelebihan Client Server

1. Kelebihan Client

Terdiri atas:

  • Kecepatan akses lebih tinggi
  • Sistem keamanan & administrasi lebih baik
  • Sistem backup data lebih baik

2. Kekurangan Client

Terdiri atas:

  • Biaya lebih mahal
  • Dibutuhkan komputer dengan spesifikasi khusus untuk menjadi server
  • Ketergantungan terhadap server, jika server terganggu maka keseluruhan jaringan terganggu

Contoh Jaringan Komputer Client Server

Contoh client server mengacu pada desain aplikasi atau macam dari arsitektur aplikasi client server tersebut, diantarnya; “one-tier” standalone, pada arsitektur ini semua pemrosesan dilakukan pada mainframe. Tipe model ini ialah dimana semua proses terjadi secara terpusat yang dikenal sebagai basis-host. Kekurangan yang terjadi pada tipe ini yaitu semakin banyak user yang mengakses, maka akan semakin kewalahan.

Model kedua yaitu client server “two-tier” ialah model aplikasi yang pemrosesannya terjadi pada client dan server. Model ini ialah tipikal aplikasi degnan banyak client dan server yang dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Ketiga yaitu three-tier merupakan sebuah arsitektur dari client-server yang sudah di inovasi. Pada arsitektur tipe ini terdapat application server yang berdiri diantara client dan database server. Arsitektur semacam ini banyak diterapkan dengan menggunakan web application karena dengan demikian komputer client akan melakukan instalasi web browser.

Model keempat ialah multi-tier, model ini sangat mirip dengan model sebelumnya yaitu three tier. Perbedaannya terletak pada adanya business logic server. Model keempat yang merupakan arsitektur dari client server ini memberikan bentuk tree-tier yang diperluas dalam bentuk fisik yang terdistribusi.

Posting Komentar untuk "Materi Komputer dan Jaringan Dasar - Jaringan Komputer Client Server"