Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Program Pendidikan Guru Penggerak

Modul Program Pendidikan Guru Penggerak
Modul Program Pendidikan Guru Penggerak

Modul Program Pendidikan Guru Penggerak bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia masa depan, yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan guru di sekitarnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Modul Program Pendidikan Guru Penggerak

Untuk mendukung tercapainya tujuan itu, Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) dijalankan dengan menekankan pada kompetensi kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) yang mencakup komunitas praktik, pembelajaran sosial dan emosional, pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai perkembangan murid, dan kompetensi lain dalam pengembangan diri dan sekolah.

Kompetensi tersebut dituangkan ke dalam tiga paket modul, yaitu paradigma dan visi Guru Penggerak; praktik pembelajaran yang berpihak pada murid; dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Program Pendidikan Guru Penggerak ini dijalankan selama sembilan bulan yang terdiri dari kelas pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan.

Proses pendidikan Guru Penggerak mengedepankan coaching dan on-the-job training, yang artinya selama belajar, guru tetap menjalankan perannya di sekolah sekaligus menerapkan pengetahuan yang didapat dari ruang pelatihan ke dalam pembelajaran di kelas.

Dengan demikian, kepala sekolah dan pengawas menjadi mitra seorang calon guru penggerak dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin. Di dalam proses pelaksanaan PPGP, Calon Guru Penggerak (CGP) akan sering diajak untuk merefleksikan praktik pembelajaran yang sudah dijalankan serta berdiskusi dan berkolaborasi dengan sesama CGP maupun komunitas di sekitarnya.

Keseluruhan pengalaman belajar itu diramu dalam siklus MERRDEKA, yang diawali dengan Mulai dari Diri, lalu dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep; Ruang Kolaborasi; Refleksi Terbimbing; Demonstrasi Kontekstual; Elaborasi Pemahaman; Koneksi Antarmateri; dan ditutup dengan Aksi Nyata. Diharapkan model pembelajaran yang berbasis pengalaman seperti ini dapat mewujudkan guru dan murid merdeka yang menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Program Pendidikan Guru Penggerak selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Paket Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak
Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Downloaf File
Modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak – Downloaf File
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak – Downloaf File
Modul 1.4 Budaya Positif – Downloaf File

Paket Modul 2 Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi – Downloaf File
Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional – Downloaf File
Modul 2.3 Coaching – Downloaf File

Nah itulah beberapa informasi tentang Modul Program Pendidikan Guru Penggerak. Semoga dengan adanya Modul Program Pendidikan Guru Penggerak bisa membantu ibu bapak guru. Salam guru hebat

Posting Komentar untuk "Modul Program Pendidikan Guru Penggerak"