Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Teori Kejuruan Multimedia

Contoh Soal Teori Kejuruan Multimedia Penilaian Akhir Tahun, ini menjadi salah satu hal untuk siswa  melatih kemampuan dalam menjawab soal-soal, baik untuk guru sebagai referensinya dalam pembuatan soal-soal, terutama guru yang mengajar mata pelajaran Teori Multiedia, dalam membuat contoh soal dalam menghadapi ujian.

Contoh Soal Teori Kejuruan Multimedia sudah disesuaikan. Dan jika Anda berkenan untuk dapat melihat dan berkunjung ke halaman Media Informasi untuk melihat materi pembelajaran Kejuruan Multimedia SMK.

Kumpulan Soal-Soal Teori Kejuruan Multimedia

Dengan beberapa contoh soal pada halaman soal-soal online ini kita bisa belajar memahami soal dengan menyamakan kunci jawaban untuk mengetahui jawabannya.

Halaman ini berisi soal teori kejuruan Multimedia untuk penilaian akhir tahun yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda, untuk adik-adik pelajari sebagai latihan di rumah sebelum menghadapi ujian di sekolah, maupun guru sebagai bahan referensinya dalam pembuatan soal-soal latihan maupun soal ujian.

Semoga halaman ini bisa bermanfaat bagi pembaca ataupun bagi Guru yang sedang mencari Bahan Soal Pelajaran Sekolah.

Berikut contoh soal dan jawaban Teori Kejuruan Multimedia Penilaian Akhir Tahun :

  1. Ditinjau dari asal usul kata, kewirausahaan berasal dari 2 (dua) kata yaitu “Wira”dan “Usaha”Kata Wira artinya ….
    A. Kemauan keras
    B. Berpikir maju ke depan
    C. Kemauan untuk maju
    D. Berkerja seara tekun
    E. Sanggup memikul resiko
  2. Inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang bermanfaat benar,tepat dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic dari pada algoritma,disebut juga ….
    A. Manajemen
    B. Kreatifitas
    C. Wirausahaan
    D. Inovasi
    E. Motivasi
  3. Sketsa yang membuat garis –garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai disebut…
    A. Sketsa cepat
    B. Gambar garis besar
    C. Gambar garis kecil
    D. Gambar garis halus
    E. Sketsa kasar
  4. Adapun makna secara etimologi wirausahaan berasal dari bahasa…..
    A. Indonesia
    B. Arab
    C. Yunani
    D. Sansekerta
    E. Aceh
  5. Desein kreatif yang mengaitkan bentuk, stuktur, material, warna,citra,tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan disebut…..
    A. Lebel
    B. Barang
    C. Kemasan
    D. Produk
    E. Bentuk
  6. Untuk pemberian kredit biasanya ada beberapa formulasi yanmg lazim digunakan bank (P4) salah satunya adalah…
    A. Proposa
    B. Promotion
    C. Personality
    D. Price
    E. Pleace
  7. Tahapan yang sangat penting dalam perencanaan awal pembuatan produk adalah…
    A. Pembuatan prototipe produk
    B. Menciptakan suatu produk
    C. Jenis produk
    D. alpa prototipe
    E. produk final
  8. Merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberap[a orang secara bersama-sama atau badan untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya disebut……
    A. Lebel
    B. Barang
    C. Jasa
    D. Merek dagang
    E. Uang dan Jasa
  9. Tanda yang berupa gambar, nama, kata , huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdangangan barang dan jasa disebut…
    A. Hak Merek
    B. Hak Cipta
    C. Hak Pakek
    D. Hak produkser
    E. Hak Lebel
  10. Bahan kemasan langsung mewadahi bahan pangan ( kaleng susu, botol minumandll)disebut…
    A. Kemasan sekali pakai
    B. Kemasan tersiar
    C. Kemasan Bekas
    D. Kemasan sekunder
    E. Kemasan Primer
  11. Untuk membagi klip tunggal dimana yang terpotong hanya video saja dapat lakukan dengan menekan ….
    A. Set in point
    B. Alt+ razol tool
    C. Razor tool
    D. Ripple delete
    E. Set out point
  12. Dibawah ini merupakan standar yang digunakan dalam dunia broadcase terutama film atau video kecuali ….
    A. Panasonic24p
    B. Pal
    C. Secam
    D. Ntsc
    E. Minidv
  13. Gerakan kamera secara vertikal, mendongak dari bawah ke atas atau sebaliknya disebut……
    A. Panning
    B. Tilt Up
    C. Zooming
    D. Long Shot
    E. Tilting
  14. Shot yang hanya menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia adalah….
    A. Long Shot
    B. Knee
    C. Big Close Up
    D. Close Up
    E. Extreme Close Up
  15. Menghidari perpindahan dari klip ke klip agar menjadi lebih halus (tidak lompat-lompat), maka sebaiknya kita menggunakan ….
    A. Effect –Control
    B. Video Effect–jumping
    C. Effect-audio transitions
    D. Effect –Video Transition
    E. Effect –Audio Video
  16. Untuk menampung file – file hasil import video, gambar dan audio yang akan diolah adalah ……
    A. Monitor clip
    B. Work area bar
    C. Display format
    D. Monitor sequence
    E. Jendela project
  17. Rasio perbandingan lebar terhadap tinggi setiap pixel penyusun frame disebut …..
    A. Codec
    B. Clip
    C. Aiff
    D. Aliasing
    E. Par
  18. Suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses shooting dan menata agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus disebut ?
    A. Proses editing video
    B. Proses importing video
    C. Proses rendering video
    D. Proses eksporting video
    E. Proses capture video
  19. Efek yang bersifat bulid in dan berkaitan dengan nilai property klip, misalnya motion, opacity dan volume efek yang digunakan disebut …
    A. Efek control window
    B. Fixed efek
    C. Audio efek
    D. Standar efek
    E. Efek transis
  20. Agar suatu title dapat berjalan dari kiri ke kanan maka diberikan …
    A. Roll title
    B. Still image
    C. Crawl title
    D. Ease in
    E. Scrate
  21. Untuk memisahkan audio dengan video dalam suatu klip tunggal dapat dilakukan dengan cara……..
    A. Timeline window>klik menu klip>speed and durations
    B. Timeline window>klik menu klip>unlink audio and video
    C. Timeline window>klik menu klip>copy
    D. Timeline window>klik menu klip>clear
    E. Timeline window > klik menu klip > ripple delete
  22. Untuk mengatur besar kecilnya suatu objek pada after effect adalah…….
    A. Zoom In
    B. Blur
    C. Position
    D. Opacity
    E. Scale
  23. Proses pemindahan video hasil shooting dari dvcamcoder ke personal computer disebut ?
    A. Proses importing video
    B. Proses editing video
    C. Proses rendering video
    D. Proses eksporting video
    E. Proses capture video
  24. Tempat untuk menyusun dan menenmpatkan footage / klip untuk kemudian diedit disebut …
    A. Monitor window
    B. Project window
    C. Work area bar
    D. Format display
    E. Timeline window
  25. Software penyunting efek khusus layar buatan adobe adalah …
    A. Adobe photoshop
    B. Adobe efter effect
    C. Adobe audition
    D. Adobe premiere
    E. Adobe movie make
  26. Perhatikan pernyataan berikut…
    (1) Jumlah waktu pertemuanyang dapat dikurangi
    (2) Informasi yang lebih menarik dan lebih interaktif
    (3) Kualitas belajar dapat ditingkatkan
    (4) Proses penyampaian terbatas
    (5) Sikap belajar dapat ditingkatkan

Berdasarkan pernyataan diatas , materi penggunaan multimedia interaktif adalah..
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (2), (3), (4), dan (5)
C. (1), (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), (5), dan (1)
E. (1), (2), (4), dan (5)

  1. Salah satu penyebab kurang optimal media interaktif dalam penyampaian materinya adalah minimnya penguasaan dan pengetahuan dasar tentang….
    A. Proses pengembangan multimedia yang bersangkutan
    B. Perangkat yang kurang memadai
    C. Jenis perangkat standaruntuk penghubung secara fisik sangat sedikit
    D. Desain, komposisi, tata letak, warna dan elemen kesenirupaan
    E. Penampilan gambar dan suara dengan resolusi yang kurang tinggi
  2. Strategi dalam pembuatan storyboard 2 dimensi yaitu merancang komunikasi dengan tujuan untuk…
    A. Mudah dibaca dan dapat dikomunikasikan dengan baik
    B. Menjadi menarik dan menciptakan hal baru
    C. Mampu memberikan jawaban/jalan keluar terhadap problem yang sesuai dengan kebutuhan
    D. Mengerti dan kemudian mengambil cerita sebenarnya
    E. Menunjukan cerita saja
  3. Beberapa unsur dibawah ini merupakan unsur – unsur yang dapat digunakan dalam pembuatan produk multimedia interaktif , kecuali…
    A. Teks
    B. Hardware
    C. Suara
    D. Video
    E. Animasi
  4. Multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan hasil produk disebut dengan…
    A. Grafis multimedia
    B. Multimedia statis
    C. Multimedia interaktif
    D. Dinamis multimedia
    E. Multimedia Linier
  5. Konsep multimedia interaktif berbasis halaman dan media interaktif identik dengan pemahaman tentang pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggabungan dari bagian berikut, kecuali….
    A. Teks
    B. Gambar
    C. Use
    D. Video
    E. Animasi
  6. Konsep multimedia interaktif berbasis halaman dan media interaktif identik dengan pemahaman tentang pemanfaatan komputer dalam pembuatan dan penggabungan dari bagian berikut, kecuali….
    A. Teks
    B. Gambar
    C. Use
    D. Video
    E. Animasi
  7. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapatmengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks , sebab manusia selalu berorientasi terhadap….
    A. Audio
    B. Tulisan
    C. Materi
    D. Visual
    E. Data
  8. Perhatikan tempat berikut ini
    (1) Hotel
    (2) Museum
    (3) Pusat Perbelanjaan
    (4) Pusat hiburan

Berdasarkan data diatas , jenis aplikasi multimedia yang tepat untuk menemukan tempat diatas adalah….
A. Handphone
B. Kios informasi
C. Playstation
D. Akses internet
E. Menonton TV

  1. Dibawah ini merupakan persamaan aplikasi yang tepat yang dapat digunakan untuk merancang produkmultimedia interaktif adalah?
    A. Powerpoint
    B. Word
    C. Excel
    D. Access
    E. Microsoft Visio
  2. Perencanaan terhadap kegiatan-kegiatan produksi yang disajikan dalam bentuk sketsa gambar dengan konsep-konsep tertentu mengikuti alur cerita yang akan dibuat merupakan pengertian dari?
    A. Oprasional Plan
    B. Story Plan
    C. Story board
    D. Produksi
    E. Pra Produksi
  3. Dalam memproduksi suatu produk ada 3 (tiga) tahap yang harus dilakukan salah satunya menyiapkan keperluan produk tersebut. Proses awal dari proses produksi produk multimedia disebut….
    A. Production
    B. Distribution
    C. First testing
    D. Pre production
    E. Post production
  4. Coretan gambar/sketsa yang menampilkan daftar gambar dari setiap adegan yang terjadi dalam film disebut…
    A. Ilustrasi
    B. Perspektif
    C. Skenario
    D. Alur Cerita
    E. Storyboard
  5. Langkah-langkah dalam penentuan konsep atau ide pada tahap praproduksi adalah …
    A. Membangun versi beta
    B. Membuat rencana kerja
    C. Membentuk tim
    D. Membuat konten
    E. Membuat rancangan
  6. Tujuan utama untuk melaporkan suatu fakta yang terjadi dan berbentuk naratif dengan tambahan wawancara didalamnya, merupakan sebuah proyek…
    A. Dokumenter
    B. Naratif
    C. Film
    D. Non Naratif
    E. Film Fiksi

Posting Komentar untuk "Soal Teori Kejuruan Multimedia"