Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe - Tipe User Interface dan Interaksi

 

Tipe - Tipe User Interface

Gururgoblog - Ada berbagai tipe-tipe user interface yang menarik untuk dibahas. Khususnya bagi Anda yang ingin memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjung website dan mendapatkan lebih banyak leads hingga sales.

User interface adalah cara atau mekanisme pengguna (user) melakukan interaksi dengan suatu program. Dengan begitu, user dan program dapat berkomunikasi dengan lancar antara satu sama lainnya melalui tampilan visual.

User interface memang diciptakan untuk menerima informasi dari user. Selain itu juga bisa memberikan informasi kepada user setelah melewati proses yang diciptakan dalam program untuk kepentingan user sendiri. 

Jadi dari penjelasan singkat di atas, bisa terlihat kalau user interface memiliki kemampuan untuk menerima sekaligus memberikan informasi kepada user melalui suatu proses interaksi. Proses ini yang membuat program dan user bisa berinteraksi agar memenuhi kepentingan atau kebutuhan user.

Tipe-Tipe User Interface dan Interaksinya

Seperti penjelasan di atas, user interface adalah sistem antar program dan user untuk interaksi yang ingin ditampilkan dan dilihat user. Analogi paling mudah yang bisa dijelaskan tentang user interface seperti sebuah rumah baru yang harus Anda perhatikan seluruh sisinya. Tampilan rumah itulah yang disebut sebagai user interface.

Dalam kehidupan Anda saat ini, tampilan user interface sudah tidak asing. Namun mungkin Anda tidak mengetahui bahwa tampilan-tampilan itu disebut sebagai user interface. 

Jika Anda membuka aplikasi seperti Google Play Store, maka dapat terlihat beberapa aspek tampilan user interface di sana. Dari gambar logo, layout, pemilihan warna, typography, dan lainnya. Pengaturan itu membuat tampilan aplikasi menjadi mudah dipahami dan lebih cantik juga.

Berbicara mengenai interaksi tipe-tipe user interface, total ada lima macam yang dapat dijelaskan di sini. Penasaran apa saja?

1. Direct Manipulation

Direct Manipulation adalah tipe interaksi user interface yang dioperasikan secara langsung. Interaksi ini dilakukan user lalu langsung dikerjakan oleh program. Contoh paling mudah dari Direct Manipulation adalah instruksi delete file. Ketika user melakukan interaksi itu, program langsung memasukkan file ke trash atau recycle bin.

Kelebihan dari Direct Manipulation adalah waktu pembelajaran user sangat singkat karena mudah dimengerti. Jika ada kesalahan dari sisi user interface atau user, maka bisa langsung terdeteksi. Penggunaannya juga lebih menyenangkan sehingga memberikan user experience yang baik.

Kekurangan dari Direct Manipulation adalah ada yang menganggap bahwa interface ini cukup rumit dan memerlukan banyak program dalam sistem. Desain ini juga mengabaikan informasi penting karena berfokus pada kemudahan bagi user. Kondisi ini membuat user bisa melewatkan informasi penting.

2. Menu Selection

Tipe interaksi user interface ini memberikan beberapa pilihan kepada user melalui bentuk daftar menu. Di sana akan terlihat perintah kepada program sesuai menu yang terdaftar. Beberapa nama perintah yang terhitung akrab bagi Anda adalah pilihan menu cut, copy, paste, rename, dan lainnya ketika melakukan perintah klik kanan di komputer.

Kelebihan dari Menu Selection adalah user tidak wajib mengingat nama perintah karena sudah tertera di layar menu. Ditambah lagi ada upaya meminimalisir pengetikan sehingga mengurangi tingkat kesalahan.

Kekurangan dari Menu Selection adalah perlu struktur menu yang baik jika tersedia banyak pilihan perintah. Jadinya pilihan menu dianggap lambat. Kemudian, pilihan menu sering dianggap lambat oleh expert user ketika dibandingkan dengan command language. Kekurangan lainnya adalah tidak ada logika AND atau OR sehingga hanya ada pilihan Ya atau Tidak untuk pemilihan perintah.  

3. Form Fill-In (Pengisian Form)

Pengisian form bukan lagi menjadi tipe interaksi user interface yang asing. Mungkin Anda sudah sering melihat sebuah form ketika sedang berkunjung ke salah satu website. Form itu sendiri berguna untuk melengkapi data pengunjung website untuk bisnis. 

Dari data-data yang dikumpulkan, bisnis bisa memberikan penawaran langsung ke pengunjung website tanpa harus mereka masuk ke website itu terus menerus.

Kelebihan pengisian form adalah pengisian data lebih sederhana dan cepat. Selain itu juga mudah dipelajari oleh user untuk mengurangi kesalahpahaman.

Namun ada kekurangan dari pengisian form ini. Diperlukan tempat khusus meletakkan form ini. Bahkan terkadang bentuknya berupa pop up sehingga dapat membuat user merasa terganggu. Kemudian harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user agar mendapatkan data yang objektif. 

Untuk membuat pengisian form, ada beberapa panduannya, yakni:

  • Judul harus jelas dan bersifat mengajak
  • Instruksi mudah dimengerti
  • Pengelompokan dan pengurutan secara digital
  • Konsistensi
  • Layout harus mudah terlihat agar tidak ada bagian tertinggal.
  • Tempat memasukkan data terlihat jelas
  • Ada upaya pencegahan kesalahan dalam pengisian data
  • Pesan error dapat mudah dimengerti oleh user

4. Command Language

Tipe interaksi langsung dengan objek dari user interface adalah Command Language. Tipe ini bisa disebut sebagai bentuk interaksi orisinal dan tradisional antara user dengan komputer. 

Disebut sebagai orisinal karena seluruh interaksi menggunakan bahasa Command Language ini sendiri. Hanya prompt dan instruksi yang disediakan oleh sistem. Itulah mengapa user harus mengingat sintaks dan nama perintah. Pada akhirnya terkesan rumit.

Kelebihan dari Command Language adalah dapat lebih bisa diandalkan, user bisa melakukan apa saja sesuai keinginan mereka, dan cepat karena hanya membutuhkan pengetikan saja, dibandingkan melakukan beberapa klik untuk masuk ke pilihan menu (seperti yang ada di Menu Selection).

Sebaliknya, kekurangan Command Language adalah sulit untuk dipelajari karena harus mengingat berbagai bahasa Command Language yang cukup ribet. User interface tipe ini rumit sehingga tidak dianjurkan untuk orang awam. Kekurangan lainnya yaitu keterampilan user dalam mengetik sangat mempengaruhi hasil akhirnya.

5. Natural Language

Natural Language adalah tipe interaksi user interface yang menggunakan bahasa alami atau sehari-hari tapi dalam bentuk teks. Contoh paling mudah dari Natural Language yaitu ketika Anda sedang menggunakan Google Search Engine. Sudah pasti keyword yang dimasukkan dan dicari di sana merupakan bahasa sehari-hari atau bukan bahasa programming.

Kelebihan dari Natural Language adalah pengguna dapat memberikan instruksi dengan bahasa percakapan sehari-hari. Sangat mudah untuk user yang menggunakan komputer dan mengenal dunia maya.

Kekurangan dari Natural Language adalah penggunaan bahasa sehari-hari bisa memiliki lebih dari satu arti. Jadi hasil yang ditampilkan terkadang tidak sesuai keinginan dan kebutuhan user.

Posting Komentar untuk "Tipe - Tipe User Interface dan Interaksi"